[Manajemen ASIP] Kapan Harus Mulai?

Kapan sebaiknya mulai nyiapin buat ngasih ASI? Sejak tahu hamil!

Kapan sebaiknya mulai perah? Begitu si bayi lahir!

Gak masalah betapa terseok-seoknya kita pada awalnya. Betapa bodoh dan banyak nanyanya kita pada fase pertama ini. Betapa miskin informasi dan sedikitnya pengetahuan pada tahap dini ini. Ga masalah. Pokoknya begitu suara hati kita bilang, “Yes, saya mau ASIX, ASI 2 tahun, dan saya yakin ASI saya cukup,” segera meluncurlah ke orang atau komunitas mana pun yang bisa dipercaya dan gali info sebanyak-banyaknya.

Karena ASI lebih banyak dikendalikan hormon yang terkait erat sama pikiran, begitu otak kita menerima “hidayah” untuk mengiyakan ASI, itulah modal pertama kita. Dapet satu batu pertama buat fondasi rumah baru kita: rumah menyehatkan tubuh si kecil!

Saya mulai perah di hari pertama Daanish lahir buat cadangan kalo beneran si Daanish harus disinar n ga bisa rawat gabung. Keseeel denger suster, orang tua, pembesuk yang awalnya pada ribut suruh tambah sufor buat Daanish. Katanya takut kuning karena kurang minum. Takut kurang produksi ASInya juga. Emang sih, perahan awal-awal tuh dikiiit banget. Tuh liat, perahan pertama bener2 cuma bisa basahin pantat botol doang! 1ml juga ada gak ada deh kayaknya. >.<

Tapi gak nyerah dong buat bilang 'gaaaak' ke sufor. Gile aje, masa anak umur belom sehari mau dicekokin sufor? Masih bagus ASI si Daanish udah keluar dari hari pertama dia lahir. Padahal ya ya ya, bayi baru lahir tuh masih nyimpen sisa makanan dari ari-ari loh di lambungnya. Dan sanggup bertahan 2-3×24 jam tanpa asupan. Plus, lambung bayi baru lahir emang cuma segede kelereng, yg artinya tuh mereka cuma butuh ASI sekitar 1 sendok teh doang.

Ga masalah kalo ASI belum keluar di 1-3 hari pertama. Minta bayi terus menyusu maka sinyal akan dikirim ke otak, pabrik pun mulai produksi deh. Karena ASI diproduksi 'based on demand', penting buat otak nerima tanda2 kalo 'demand'-nya emang ada, ya dari isapan si bayi itu.

Di RS tuh ASI boosterku yg utama adalah madu; entah diminum gitu aja ato diencerin dengan air anget. Plus propolis karena katanya sih bagus buat recovery setelah lahiran.

Setelah itu, tinggal kuat-kuatan sama diri sendiri buat rutin perah. Okelah awal-awal mungkin belom bisa rutin dan terjadwal banget. Tapi diniatin loh ya. Supaya produksi ASI beneran tambah banyak dan stok ASI beneran tambah numpuk. Semangat dan tetap semangat!

20120905-232914.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s