[SerbASI] World Breastfeeding Week 2012: Understanding the Past, Planning the Future

Nah, kalo ini, bukan tulisan saya. Hehe. Sesekali saya posting juga tulisan dari sumber lain, biar kita sama-sama belajar, sama-sama jadi orang tua cerdas, dan bisa saling crosscheck kalo ada informasi yang simpang siur. Sumber tulisan ini adalah Kultwit AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia). Ini salah satu kultwit favorit saya, ringan, ringkas, dan runut. Bikin gampang ngerti, bikin pencerahan baru juga. Ayuk ah, jangan latah liat iklan, jangan kelelep sama omongan orang, dan jangan MEMILIH kalo belum baca berbagai info! Yakin, dan selalu yakinlah, ASI tetap yang terbaik. Selamat membaca! ^^

***

Tuiiiipppsss, pd tau gak tema #WBW2012 apa? “Understanding The Past, Planning The Future”. #breastfeeding

Mimi pengen sharing dari artikelnya @housniati Waketu AIMI dan Ketum @IKMIndonesia yg menarik banget, nyambung sama tema #WBW2012🙂

Gimana sih ceritanya menyusui yg katanya adl sesuatu yg natural, dilakukan semua mamalia di dunia kok bs jd ‘gak lazim’? #WBW2012

Penting jg ya buat kita tau, spy kita ‘understand the past’ sehingga bisa ‘plan the future’ dgn lbh baik🙂 #WBW2012

Mana yg lbh srg kita liat di TV, koran, majalah, internet dll: Gambaran ibu menyusui atau ibu memberi susu botol pd bayi/anak? #WBW2012

Mulai dr bayi baru lahir sampai anak2 balita (kdg ada jg yg sdh usia sekolah) umumnya pegang susu botol kemana-mana. #WBW2012

Apakah sejak dulu begitu? Ternyata tidak. Sampai abad 18, menyusui msh merupakan hal yg paling lazim di dunia. What happened then? #WBW2012

Dimulai dr tjdnya Revolusi Industri (awal abad 19). Perekonomian tumbuh pesat, diikuti dgn lahirnya produk makanan pengganti ASI. #WBW2012

Seorang ahli kimia menemukan ‘makanan yg cocok utk bayi’ terbuat dr tepung gandum, susu sapi dll, dlm btk cair. #WBW2012

Lalu seorang penyalur makanan bernama Henri Nestle, mengklaim bhw ia telah menyelamatkan seorang bayi yg… #WBW2012

…menolak menyusu pd ibunya dgn memberikan ‘Susu Makanan Nestle’. Pd 1873 Nestle menjual 500rb box/thn di Eropa dan Amerika. #WBW2012

Inovasi & teknologi mjd tren. Penemuan produk pganti ASI (PASI) byk dianggap sbg ‘pembebasan’ bagi perempuan dr tugas alaminya. #WBW2012

Produksi susu sapi berlebih, pd 1891 muncul modifikasi susu sapi utk bayi. 1897 botol susu mulai dipatenkan. #WBW2012

Produk2 ini diiklankan sbg ‘produk ideal bagi bayi’. Ada jg dokter2 yg meracik sendiri ‘formula’ khusus utk bayi pasien2 kaya. #WBW2012

Tp orgtua lbh suka PASI yg dijual bebas krn mudah didapat. Para produsen mulai gandeng dokter utk memasarkan produk mereka. *doh* #WBW2012

1911 seorang dokter mbuat formula bsm Mead-Johnson dgn nama Dextri-Maltrose dan diujikan pd bangsal bayi di RS di NYC. #WBW2012

Sejak itu para dokter merekomendasikan merek-merek formula tertentu utk bayi. #jreeeennng #WBW2012

Inilah cikal bakal ‘kedekatan’ hubungan dokter dgn produsen formula dan model strategi pemasaran PASI di seluruh dunia😦 #WBW2012

Majunya teknologi food processing membuat transportasi&distribusi mudah. Stlh PerangDunia II, bottle feeding mjd lazim di AS&Eropa. #WBW2012

Persentase menyusui turun jd stghnya pd 1946. 1967 hanya 25% bayi baru lahir yg disusui di AS. Byk ibu tdk bs dan sulit menyusui. #WBW2012

Pd 1970an sdh semakin jelas, yg ‘biasa’ (baca: menyusui) mjd ‘tdk biasa’ dan bottle feeding mjd sesuatu yg ‘normal’. #WBW2012

Maraknya pjualan formula & byknya riset yg menunjukkan keunggulan ASI mendorong lahirnya Kode Etik Pemasaran Produk PASI oleh WHO. #WBW2012

Kode ini (1981) berlaku utk susu buatan utk bayi, produk2 asupan utk bayi, DAN produk botol, dot & empeng. #WBW2012

Simak artikel ttg Kode WHO di http://bit.ly/m6Z8O3 Menurut Tweeps gmn penerapannya di Indonesia?😉 #WBW2012

Iklan, poster, hadiah2, merchandise (tas, jam dinding, kalender, pulpen) berlogo produsen formula ‘biasa’ kita lihat di faskes. #WBW2012

Kita jg ter’biasa’ mendengar pertanyaan “oh masih ASI ya Bu? Sudah dibantu susu formula?” ‘DIBANTU’??? Really?? #WBW2012

Apa yg ‘biasa’ sudah diputarbalikkan menjadi ‘tidak biasa’. Tp jangan lupa, apa yg ‘biasa’ belum tentu ‘benar’🙂 #WBW2012

Nah skrg kita sdh sedikit ‘understand the past’. Mari ‘plan the future’. Semangaaaat sosialisASI lagi yuuuk!🙂 Salam ASI! #WBW2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s