[Manajemen ASIP] ASIP Selama Bekerja: Hitung dan Tabung!

ASI-nya lanjut, dong! Meskipun saya harus meninggalkan Daanish yang baru berumur 2 bulan 12 hari, tapi karena sudah ada stok ASIP buat Daanish, pemberian ASI masih bisa terus dilakukan. Awalnya, saya begitu awam untuk meprediksi kebutuhan ASI untuk Daanish selama ditinggal kerja, dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Padahal, setelah dipelajari ulang, ada banyak sumber bacaan untuk membantu para ibu menghitung kebutuhan ASIP bayinya.

Kalau saya dulu, caranya manual sekali. Saking manualnya, jadi malu berbagi di sini. Tapi gpp deh, semoga bisa jadi pelajaran buat para ibu lainnya. Ditulis dalam daftar aja, ya, biar ga terlalu panjang jadinya.

1. Selama cuti, catat jadwal bayi menyusu selama jam kerja nantinya. Lakukan beberapa kali. Buat daftar berdasarkan rata-rata hasil pengamatan.

2. Jika bayi terpaksa harus ditinggal, coba hitung berapa ml ASIP yang diminumnya. Terutama, jika ia meminumnya saat benar-benar haus.

3. Lakukan simulasi ketika bayi seolah-olah ditinggal bekerja. Kombinasikan hitungan volume minum bayi dan jadwal menyusu bayi. Setidaknya, akan didapat gambaran total kebutuhan ASIP dalam sehari selama waktu kerja.

Kalo mau yang lebih akurat, Catatan #AyahASI punya Kalkulator Kebutuhan ASI yang sumbernya dari www.kellymom.com. Gampang, nih, tinggal masukin angka di kalkulatornya, dan taraaa… muncullah perkiraan kebutuhan minum bayi.

Penelitian menunjukkan kalo bayi ASI eksklusif rata-rata dalam sehari minum sebanyak 750ml/hari antara usia 1 dan 6 bulan. Tapi ini hanya ukuran secara rata-rata aja, tentunya setiap bayi memiliki ukuran tersendiri; secara umum variasinya antara 570-900 ml dalam sehari.

Kita dapat menggunakan informasi ini untuk melakukan perkiraan kebutuhan minum bayi, langkahnya sebagai berikut:

  • Perkirakan total rata-rata berapa kali dalam sehari (24 jam) bayi minum ASI?
  • Lalu lakukan perhitungan ini: 750ml / jumlah total anak minum dalam sehari. Contoh: 750ml / 8 kali minum dalam sehari.
  • Hasil hitungan ini paling tidak bisa sedikit memberikan gambaran berapa besarnya kebutuhan bayi anda sekali minum.

Contoh: Jika bayi biasanya minum ASI sebanyak 8 kali per hari, berarti kira-kira rata-rata bayi membutuhkan 93,75ml sekali minum (750ml/8 = 93,75ml).

Setelah itung-itungan di atas, ada satu PR besar lagi yang harus dijalanin: perah dan makin rajin perah!

Saya sudah punya jadwal perah sejak sebelum masuk kerja. Setelah masuk kerja, tinggal ditambahkan saja jadwal perah selama jam kerja. Karena di tempat kerja cukup fleksibel, saya baru meninggalkan rumah sekitar jam 8 pagi, dan sudah menyentuh lantai rumah sekitar jam 5 sore. Bisa dibilang cukup singkat, sehingga saya tidak perlu terlalu banyak perah di kantor. Selain itu, alhamdulillah, produksi ASI cukup tinggi, sehingga dalah sehari saya hanya perah 5-6 kali, dengan jadwal seperti ini:

  1. Pukul 06.00-07.00: perah di rumah, perolehan rata-rata 200 ml
  2. Pukul 11.30-12.30: perah di kantor, perolehan rata-rata 300 ml
  3. Pukul 14.30-15.30: perah di kantor, perolehan rata-rata 300 ml
  4. Pukul 17.30-18.30: perah di rumah, perolehan rata-rata 200 ml
  5. Pukul 21.30-22.30: perah di rumah, perolehan rata-rata 200 ml
  6. (tambahan) Pukul 00.00 atau 03.00: perah di rumah, jika kondisi PD bengkak atau sedang kejar target, perolehan rata-rata 200 ml.

Jadi, dalam sehari saya bisa mengumpulkan 900-1200 ml ASIP. Nah, berapa kebutuhan Daanish? Daanish ternyata tidak terlalu suka menyusu dengan dot. Tolong jangan ditiru penggunaan dot ini ya, Bunda-bunda. Sebab resikonya mahal sekali, dan akan mempersulit pemberian ASI bagi anak-anak kita nantinya: bingung puting. Saya sendiri mengobservasi agak ketat penggunaan dot untuk Daanish. Dot digunakan hanya saat dia bersama pengasuhnya, selebihnya dengan sendok atau gelas. Begitu Daanish tampak malas menyusu langsung, biasanya saya langsung stop penggunaan dotnya. Pernah sampai saya ijin khusus satu hari, demi mengembalikan ritme menyusu Daanish.

Selama saya bekerja, Daanish minum ASIP 400-600 ml. Artinya, saya surplus gila-gilaan dalam “menabung” ASIP. Tapi, mengingat perjalanan menyusui Daanish masih panjang, maka saya kumpulkan saja kelebihan tabungan itu. Takutnya nanti diperlukan saat saya harus dinas ke luar kota, atau penugasan lain yang tidak bisa ditolak. Hasilnya, seperti dalam foto di bawah ini. Pada saat Daanish berumur 4 bulan 3 hari, saya akhirnya menyerah memaksa ASIP masuk ke freezer kulkas dua pintu. Setelah 4 bulan menimbang, saya pun beralih ke freezer khusus ASIP. Tidak tanggung-tanggung, yang dibeli freezer 8 rak dengan mesin 2 PK (yang konon ga perlu ganti freon dan lebih cepet bekunya). Alhamdulillah, saat puncak produksi makanan si Daanish itu justru ketika saya sudah mulai masuk kantor; saat Daanish berusia 3-5 bulan.

Setelah itu, produksi ASI memang naik dan turun. Tetapi karena masih terus-terusan surplus, akhirnya setelah menjejalkan si freezer khusus ini dengan ASIP, freezer di kulkas lama pun kena imbasnya. Sekarang, kedua freezer sudah penuh sesak, dan masih pula ditambah stok ASIP segar di kulkas bawah. Saya tidak punya tips jitu lain selain mangajak para Bunda untuk terus bersyukur, terus konsisten memompa, dan terus memupuk rasa percaya diri. Ingat, produksi ASI adalah mind game. Yakinlah kalo kita bisa. Yakinlah kalo ASI kita pasti cukup. Yakinlah dengan seyakin-yakinnya bahwa Dia tak akan salah mengkalkulasikan “jatah” buat makhluk yg sudah dihadirkan-Nya ke dunia dengan cara yang paling indah. Yakinlah dengan keyakinan paling penuh, percaya dirilah sampai ke titik tertinggi, sehingga kita tidak akan pernah membiarkan ada stok susu formula merek apapun dengan kuantitas seberapapun di rumah kita. Tidak ada sufor, artinya hanya ada kita dan si bayi; hanya ada usaha kita untuk terus memberikan ASI bagi si bayi; hanya ada waktu untuk perah-menyusui-perah-menyusui; hanya ada CINTA dan keyakinan: saya pasti bisa!

59 Comments

  1. waaaah.. setuju 1000% deh sama mbak ryka. banyak orang tanya, apa rahasianya supaya asi bisa banyak. saya bilang kuncinya tiga : bahagia, cinta dan yakin🙂

    ryka:
    halo mba ajeng! wah, seneng banget ketemu ibu2 yang semangat begini juga. mari tetep bahagia, penuh cinta dan yakin kalo ASI kita pasti cukup ya, mba ^^

  2. Mbk, kl leh tau dlu mbk merah asiny pake marmet ato pake alat pemoma asi? Makasiih dah share tentanh pengalamanny. Dua bln lagi mau lahiran ank kedua. Smga bisa Asi eksklusif 6bln, lanjut smpe 2 thn. Meski smbl kerja

    ^_^
    Smangaaaaat……..!

    • halo ari, salam kenal!
      sampai anakku umur 1 tahun, aku pake pompa asi, yang manual untuk di kantor dan yang elektronik untuk perah di rumah sambil menyusui. setelah anakku satu tahun, alhamdulillah aku hamil lagi. dan karena selama hamil itu puting sering kali terasa pedih saat perah, akhirnya sampai sekarang saya banting stir jadi marmet sampai kini usia kandungan sudah masuk 7 bulan. semangat ASI yaaa… ^^

  3. waduh..saya sampe shock ngelihat stok asip nya mbak ryka ini..sampe “tergoda” untuk comment. Saya juga ibu bekerja, dan syukur sudah berhasil ngasih asi eksklusif buat anak saya (saat ini 7 bulan), walau produksi asinya nggak “sedahsyat” mbak ryka. Tapi, sampe sekarangpun anak saya nggak terlalu mau makan mpasi😦 dia cuma suka pisang, melon atau biskuit bayi. Kalo dikasih yang lain lain, dia nggak mau…dan kalo dipaksa, malah nangis, dah😦 jadi, makanan utama masih tetep asi aja (masa mau dikasih pisang 3 kali sehari??) Padahal produksi asi saya selalu pas pasan. (cuma bisa nyetok 7×100 ml) di kulkas …. phew…jadi iri berat ngeliat stok asip nya mbak ryka, neh….. oh, ya…. sekedar info…walau dia doyan banget sama asi..tapi kalo mpasi nya dicampur asi, dia tetep nggak mau, lho…… huaaaaa…… puyeng……apa ada ide, mbak??? he..he….

    • halo mba irene, salam kenal ya. maaf karena sangat terlambat merespon. gpp mba, yang penting bukan seberapa melimpah-ruahnya ASI kita, tapi seberapa besar upaya kita agar produksi kita mencukupi kebutuhan si kecil. soal mpasi, dari informasi yang saya baca, biskuit sebaiknya tidak diberikan pada bayi di bawah 8 bulan, apalagi biskuit pabrikan, sebaiknya tidak diberikan sama sekali. biskuit buatan rumahan sekalipun, telah mengalami pengurangan nutrisi dalam prosesnya, juga, agak berat untuk dicerna pencernaan bayi di bawah 8 bulan. apalagi biskuit pabrikan ya, selain bahan pengawet dan bahan kimianya, rasa artifisial di dalamnya juga kadang bisa memicu bayi jadi picky eater. bisa jadi, karena rasa biskuit bayi pabrikan yang lebih enak, sehingga ia cenderung tidak menyukai rasa alamai makanan. sebaiknya gencarkan pembuatan MPASI sendiri, dengan bahan2 alami, lokal, yang murmer ya, mba. googling aneka resep mpasi sesuai umur, sesuaikan tekstur dan kuantitasnya juga, supaya bayi senang memakannya. semoga berhasil mencobanya ya, mba.🙂

  4. waduh… udah salah dari awal, ya😦 dikasih biskuit..pantesan dia udah nggak mau lagi makan mpasi ( bikinan sendiri), yang emang biasanya rasanya hambar hambar saja. Sejauh ini hanya buah buahan aja yang dia mau, itupun nggak mau disuapin..minta makan sendiri, walau belepotan..he..he… Dan karena kata dokter anaknya, nggak boleh dipaksa kalau makan.. ya udah…. saya cuma kasih buah buahan. Moga moga gizinya cukup, ya😦, btw..thanks banyak buat responnya, ya🙂

  5. Hi ryka… Seneng deh nemu blog kamu ttg ASI. Anakku baru sebulan, aku niat stok asi utk nanti pas di tinggal ngantor. Alhamdullilah asi ku lumayan byk. Ada 22x100ml n 4x150ml. Tp aku nyimpennya di freezer brg yg lain (daging, nugget). Pengen beli kulkas khusus asi spt gambar diatas. Boleh tau merk & tipe kulkas frezer diatas? Makasih byk yah.

    • hai mba, freezerku nerk lg, model gn-v204n, kapasitas kotor 200 liter, 8 rak. selagi blm pny freezer khusus asip, akali dgn membungkus botol kaca asip 2-3 lapis dgn plastikes batu, trs simpen lg di wadah rapat. mkanan lain yg disimpen bareng jg dibungkus rapat. mengurangi kontaminasi. jd meskipun ga dpt usia simpan ideal yg 6 bulan, lumayan kl bs bertahan 3-4 bulan.

    • mba ratna, makasih udah mampir yaa. sejujurnya aku ga punya makanan n minuman khusus pelancar asi. aku cuma hobi makan, hobi minum air putih, sama minum madu aja. tapi soal makan, di asupan harian usahain banget proporsi sayur n buah juga tinggi. oya, aku bukan tipe yg percaya manfaat susu buat bumil busui juga. hehe. kuncinya cm rajin perah n rajin menyusui langsung aja mba, sama tetep positif thinking; yakin n percaya kalo ASI kita pasti bisa memenuhi kebutuhan si kecil. ^^

  6. whooaaaa…..amazing bangett asinya sampe sekulkas gituh…minta tipsnya dong..galau banget nih asiku sedikit banget udah bersuaha pompa pompa trus hasilnya tetep sama kenapa ya?babyku baru 2 bulan soalnya tapi aku sduah mulai kerja…butuh tips mba. tq tq b4

    • aku juga mulai kerja pas bayiku umur 2m dulu mba, waktu anak pertama. tipsnya yg utama cuma dikit kok:
      1. rajin menyusui langsung n jg perah
      2. tetap optimis, usahakan rileks, dan selalu yakin kalo asi pasti CUKUP. ingat ya, yg penting itu cukup, bukan berlimpah. ga semua ibu dikarunia ASI melimpah, tp in shaa Allah ASI kita cukup kok buat anak2 kita.

  7. Tengah malem, mata Ùϑαh kriyep ², liat stock asi kaya gitu, jd tegar lg🙂 iri. rasanya, pengen buangaaatttttt. Punya stock asip sebanyak itu, krna lg galau nih ♍bª, stock asi menipis.. Hikhikhik…..madu jg bisa bikin asi melimpah juga y ♍bª …

    • apapun yg bikin ibunya hepi n sehat, punya potensi jadi booster asi lho mba. syaratnya cuma satu: rajin pumping n menyusui dan tetap positif thinking. asi ga perlu melimpah, yg penting cukup. dan asi itu cukup, selama ibunya berfikir kalo asinya pasti cukup. semangat terus ya mba ety. ^^

  8. Mba, kata orang kalo diperah pake pompa, lama2 saluran payudaranya bisa mati trus asi-nya berkurang, bahkan bisa ga keluar sm skali. Gt ga mba?
    Makanya aku takut, dan selama ini perahnya pake tangan, emang sih bikin tangan pegel, hasilnya jg ga terlalu banyak, sekali perah cm sekitar 50 ml.
    Trus mb, yg aku tanyakan. Satu botol itu kan takarannya +- 120 ml ya mba, pdhl sekali perah kan bs krg dari itu. Trus penyimpanannya gmna ya, satu botol hnya untuk satu kali perah, ato dicampur aja sm perahan berikutnya, smpe bs penuh 120 ml baru disimpen. Mohon sarannya….

    • mba rina, salam kenal, ya. menurutku itu anggapan keliru, mba. aku udah pumping dengan pompa manual dan elektrik selama 3 tahun, nonstop untuk anak pertama dan kedua, karena usia mereka cuma terpaut 1 thn 8 bln. bahkan selama hamil pun aku tetap pumping, meskipun masuk trisemester 2, aku memang ganti pake tangan karena puting perih banget. abis lahiran anak kedua, dari hari pertama langsung pumping dooong. alhamdulillah sampe sekarang, anak kedua udah 1 thn 3 bln. perah dengan tangan (metode marmet) kalo udah bener tekniknya bisa dapet banyak. cuma memang, lebih makan waktu dan butuh kesabaran n energi ekstra.

      botol kaca apa nih mba? kalo botol kaca ex-UC bisa max 120ml. tapi kl botol kaca tutup karet cm 100ml. metode penyimpanan dan penggabungan, monggo baca postingan saya yang lain, ya. ada step by step penyimpanan asip n ada step by step pemberian asip di postingan lainnya.

      tetap semangat ya, mba.🙂

  9. Ass mb ryka snag deh bs ktemu blog ny. Awal ny sih lg browsing bro bnyk asi yg hrus dkonsumsi oleh bayi usia 2 bulan 3 minggu ehh jd stop deh gr2 ktmu blog mb. Sumpah y excited bgt liat stock asip di kulkas mb. Pgn bgt ky gt. Aq uda pke double pump tp msh ja stuck ny di angka 150-180 itu juga g tiap saat. Paling2 ckup untk di konsumsi dedek saat itu jg. Pdhl bntr lg aq msuk krj. Gmn y mb tips ny biar asip ny mlimpah gt.

  10. mba mau tanya, apakah frezer yg dipakai lama2 ada bunga esnya? ada tdk ya frezer tunggal yg tanpa bunga es. sy bingung ini mulai tebal. kalau sy cairkan bagaimana asip sy? dipindah sementara jumlahnya jg terlalu banyak. gmn ya mb mengatasinya?

  11. Trimakasih mba, infonya cukup membantu.. boleh nanya mba, sy jg sementara busui dgn bayi cowok usia 1 bln 4 hari, tiap hari sy cuma bisa pumping 2 kali di sela2 waktu menyusui krn bayi saya sering minta nenen dlm waktu 1,5-2jam.. Biasa 12 kali menyusui dlm sehari, pumping hanya saat PD terasa penuh saat bayiku msh tidur, itupun cuma dpt 80ml per pumping, sy takut sering pumping hingga asi di pd tinggal sedikit, krn udah bbrapa kali bayiku ngamuk krn asinya terasa sedikit kluarnya,. Belum lg apabila abis nenen, bayiku pup atau gumoh, pasti butuh stok asi ekstra krn sering masih merasa lapar.. Kalo pumping apakah bisa saat setelah menyusui saat pd sdh tdk terasa penuh? Sebaiknya brp jam skali mbak mengingat jadwal menyusui langsung sy jg agak mepet, alhasil tabungan asip cuma sdikit.. Apakah mba mengkonsumsi booster asi? Sy udah coba laktasip, dan suplemen moloco dari dsog sy, tapi asi msh bgitu2 aja jumlahnya.. mohon tipsnya jg mba gimana caranya pemberian asip diperkenalkan ke bayi, sdh sy coba memakai soft cup feeder 3kali tapi bayi sy sering nangis dan rewel jika diberikan.. Terima kasih sebelumnya mbak ya udah mau sharing

    • Mbaaa… mohon maaf atas keterlambatan saya merespon ya. wah, Mba hebat! bisa menyusui dengan frekuensi sesering itu. Insya Allah jadi ladang amal n pahala ya, Mba. Dan insya Allah juga ASInya cukup buat bayinya.

      Pumping justru sebaiknya bukan pada saat PD penuh, Mba. PD tidak boleh dibiarkan sampai terlalu penuh. Karena kalau PD penuh, artinya akan ada sinyal ke otak yg dikirim untuk stop produksi. Ketika PD terasa kempes, teruskan saja menyusui maupun pumping, walaupun sedikit hasilnya, tapi stimulasi itu memberikan respon positif: bahwa ada deman, stok kosong, dan kita harus bekerja lebih giat lagi menghasilkan ASI.

      Saya gak pernah konsumsi booster ASI, Mba. modal saya cuma bismillah, niat, dan sesering mungkin menyusui n pumping, dan pikiran positif tentunya.

      Saya juga termasuk yang gagal memberi ASIP dengan media selain dot, Mba. Akhirnya dua anak saya menyusui dengan dot, tapi saya observasi ketat gejala bingput sedini mungkin.

      Semoga Mba Ayu bisa sukses menyusui sampai si kecil berusia minimal 2 tahun yaaa. Semangat! ^^

  12. assalamualaikum.. mbak saya mau tanya harga freezer ny brp y mb? krna selama ini saya simpan asip ny di kulkas 2 pintu dan sudah tdk muat. sampai saya titipkan di kulkas ibu danitupun bareng dg makanan lain. jadiny saya agak bingung mau mompa soalny sudah tdak muat mau disimpan dmna.. terima kasih sblmny infony mb..

    • kalau disimpan di freezer harus sampai beku, mba. biasanya asip dimasukkan freezer pasti membeku kok. mungkin settingan suhu kulkasnya yang terlalu rendah, atau sudah terjadi kebocoran freon, ya? selengkapnya tentang daya tahan ASIP sudah saya posting tabelnya ya Mba di postingan lain. Ayuk, semangat lagi! ^^

  13. mampir dimari meninggalkan jejak..salam kenal bun, anak pertama nggak bisa asix…karena kurang informasi dan nggak ada stock …hmmm. anak kedua bertekad ASIX..makanya ditengah menuju 6 bulan mencoba mencari bacaan buat boster…saya suka sekali ending tulisan ini…semoga saya juga bisa…bismillah

    “Saya tidak punya tips jitu lain selain mangajak para Bunda untuk terus bersyukur, terus konsisten memompa, dan terus memupuk rasa percaya diri. Ingat, produksi ASI adalah mind game. Yakinlah kalo kita bisa. Yakinlah kalo ASI kita pasti cukup. Yakinlah dengan seyakin-yakinnya bahwa Dia tak akan salah mengkalkulasikan “jatah” buat makhluk yg sudah dihadirkan-Nya ke dunia dengan cara yang paling indah. Yakinlah dengan keyakinan paling penuh, percaya dirilah sampai ke titik tertinggi, sehingga kita tidak akan pernah membiarkan ada stok susu formula merek apapun dengan kuantitas seberapapun di rumah kita. Tidak ada sufor, artinya hanya ada kita dan si bayi; hanya ada usaha kita untuk terus memberikan ASI bagi si bayi; hanya ada waktu untuk perah-menyusui-perah-menyusui; hanya ada CINTA dan keyakinan: saya pasti bisa!”

  14. Mba,stock asi sbanyak itu setelah babynya lulus asi trus buat apa?apa ga mubazir?apa g sebaiknya Kl kita pompa n stock sesuai kebutuhan aja?slamaditinggal kerja(9-11jam) paling butuhnya skitar500ml jd pompanya per hari ckp sgitu aja,jd Asinya g perlu mpe dibekuin krn cm dsimpan 1hr aja

  15. Maaf mba mau nanya.. Mba brrti pernah ninggalin baby buat dinas luar kota ya saat usia 2 bln? Saya ada tugas luar kota selama 3 hari.. Baby masih usia 2,5 bln.. Xlo stok asip insya allah cukup.. Krn sudah ada 100 botol cm sya takut aja kalo malem rewel..

  16. Assalamualaikum, salam kenal,,, mbak, saya punya putra berumur 6 bulan, alhamdulillah 1 bulan pertama mau menyusu langsung, tp karena tuntutan kerja, akhirnya setelah itu asip mpe skg, n sayangnya g mau nenen langsung,, rasanya sedih sekali, sudah nyoba pakai sendok, tp jg lum berhasil, malah bb si kecil jd kurang, padahal asip melimpah, kadang sampai dibuang karena sudah g ada tempatnya,,,
    Bagaimana biar si kecil mau menyusu langsung dan bb nya bertambah banyak ya mbak,?
    Hari ini sudah saya kasih mpasi tp malah bab berkali-kali,,, trimakasih

    • menyusui bukan hanya proses makan. tapi juga proses membangun bonding dan menentramkan jiwa.jadi menyusui sesering mungkin, sambil tatap mata bayi, ajak ngobrol. kelitikin, ajak main. pokoknya ga usah fokus sama kuantitas minumnya dulu. yang penting romantis2an saat menyusui yaaaa.. ^^

  17. waahh.. alhamdulillah dapet semangat lagi setelah baca postingan mba .. saya baru bbekerja lagi dikantor baru hari ke 8 .. anak saya baru 2 bulan .. berat rasanya ninggalin debay .. ketambah lagi dia ga terlalu suka sufor dan minum susu di dot .. jadi sekarang lagi berusaha ASIP ,cuma yang bikin drop .. ko ASIP nya cuma bisa 500 ml 1 hari … dari pagi sampe sore .. karena malamnya debay mimi langsung ,, semoga skrang lebih semngat lagi setelah liat foto freezernya mba .. ^_^ ..

  18. Salam kenal mbak rika. Saya mau tnya simpan asi dikulkas biasa satu pintu boleh gak? Biasanya saya simpan asip di frezer dr jam 4 sore sampai jam 7 pagi baru dipindahin dari frezer ke bawah utk diminum sampai siang stoknya asip jdikan 2botol dlm 1btolnya 60ml dan jika saya dkantor memerah asinya dr jam 8 smpai jam 4 itu 2kali perah dpt asipnya hnya 140ml. Pengasuhnya mnggunakan botol dot krna dsuapin begitu susah nangis terus kalau disuapin jd terpksa pkai btol dot. Dan skrg kalau menyusui lngsung susah banget. Nungguin saat dia bngun tdur pkai dot pun beri asipnya saat dia stengah tdur galau jd solusinya gmna. Umurnya skrg 3bulan 2minggu.

  19. Hai bun..
    Minta sarannya dong..
    Bayiku umur 1 bln 1 minggu, minumnya asip krn nggak mau nyusu langsung.
    Klo disusuin langsung histeris dan banyakan leher ma mukanya yg minum asi.
    Sy peenah nyoba ngasi asipnya pake sendok, malah keselek dan makin histeris.
    Gmn ya caranya spy dedenya mau nyusu langsung.
    Ooohh iya, putingku rata trus asi di pd kiri ma kanan beda jumlahnya.

    • kasih asip pk sendoknya jangan pada saat bayi lapar ya, mba. dan jangan ibunya yg kasih. jumlah asi sebenrnya bukan hasil perahan kok, mba. yg di dalam sebenernya kita ga tau. dan meski ternyata berbeda pun, gpp. itu karena pengaruh rangsangan bayi yg blm merada antar kedua PD. ^^

  20. Wah.. Hebat mantap bun asip nya.. Saya juga ibu yg bekerja..tapi sayangnya anak saya sudah nggak mau lagi menyusu pd.. Setiap sy coba pasti dianya nangis.. Dan hasil lebih suka pake botol.. Setiap 2 jam perasnya cuman bisa hasilkan paling banyak 150ml….ada tips nggak supaya anaknya bisa menyusu PD lgi…krn sudah aku cobain berkali2 anaknya sdh g mau dikarenakan sdh enak make dotnya… Makasih atas share nya sebelumnya mba

    • hai, mba. ini yg namanya baby bingput aka bingung puting. itulah sebabnya WHO amat sangat tidak merekomendasikan pemberian asip dengan media dot. pelan2 kalai babynya bs dibujuk2 belajar nenen lagi, tidak pada saat dia lapar, mungkin bisa, mba. selalu yakin akan bonding ibu dan anak ya, supaya anak menyusu dari ibunya bukan cuma karena mau “makan” tapi juga butuh ketenangan jiwa. ^^

  21. Waah subhanallah mba stok asipnya banyak bgt.. saya lagi berusaha untuk menabung stok asi karena sdkit lagi sy akan bekerja. Pertama kali perah cm dpt 50 ml mba.. sempet putus asa, kedua kali nya sy perah dpt 70 ml.. sedang berusaha terus agar bisa nabung asi..
    Mba aku mau tanya klo pemberian asi menggunakan dot gimana ? Nanti kan si baby sm pengasuhnya.

    • pemberian asip dgn dot gak direkomendasikan ya mba, karena resiko bayi bingung putingnya tinggi sekali. dan nanti akan berakibat pada menurunnya produksi asi. tapi kalau terpaksa, mungkin bisa diselang seling antara dot dengan sendok/cup. jangan lupa selama libur dan ada ibunya di rumah, bayi harus full menyusu langsung, no matter what. semangat ya, mba. ^^

  22. Mba mau tanya dong, kalau mau kasih asi perah ke anakku umurnya sekarang 11 bulan. Dari lahir sampai sekarang biasa nenen langsung ke ibunya.
    Apa kira kira setelah pumping mau diminum ya mba, soalnya pernah coba tapi malah rewel. Punya solusi gak mba rhyka….

    • yg dari 2m diajarin minum asip aja pasti rewel kok mba. tau sendiri lah yaaa, anak2 itu tau banget mana yg lebih enak dan nyaman. hihihi. solusinya cuma pelan2 aja dikasihnya, dan belajarnya jangan pada saat bayi lapar. oya, sebaiknya juga jangan ibunya yg kasih, tapi orang lain. pelan2 dicoba pakai sendok atau gelas aja ya mba, biar gak bingung puting. ^^

  23. Dini hari abis pumping asi iseng² buka inet n nemuin ini. Ma Syaa Allah…. ASIPnya melimpah ya mbak.
    Tadinya mau lanjut tidur, tapi mata jd seger aja liat tuh ASIP.
    ASI saya termasuk yang pas²an, Pumping hari ini untuk besok, sejauh ini alhamdulillah cukup.
    Tapi klo liat ASIPnya mbak yg kayak gitu…. Hmmmm ngiri abis, jd semangat memperbaiki jadwal pumping. Semangat MengASIhi si kecil, In Syaa Allah ^_^

  24. Hallo mba…waw byk sekali asip nya..
    Mba aq mau tnya..mba perahnya waktu masi cuti hamil apa setelah masuk kerja..aq sedang cuti hamil..
    Skrg lagi coba2 perah..bulan 12 udah masuk kerja mba..
    Apa dari skrg aq stock asip nya? Aq blm ad kulkas khusus seperti mba itu..beli kulkas ny itu apa kita bilang ntar kulkas khusus ASIP..
    Mba, saat pumping sekali 2 PD nya, apa satu2 (gantian kanan dan kiri) ?

    • sebaiknya sejak cuti, mba. soalnya kalo udah masuk kerja, faktor pencetus stress yg bs bikin produksi asi turun, banyak. jadi lebih ke tujuan supaya ibu lebih tenang dgn stok yg sdh tersedia, sih. saat pumping senyamannya aja, mba. saya pumping sambil menyusui, pumping 2 pd dgn 2 BP, pumping 1-1 gantian, juga pernah. yg penting maksimalkan sampai beberapa kali LDR, dan kosongkan semaksimal mungkin dgn finishing perah dgn tangan (marmet methods).

  25. Kaget lihat stocknya mba… mudah2han aku bisa ngikutinnya… Aminnn .mba aku sedih banget.. anakku 2.5 bulan.. biasanya dia minum susu dari nenen kuat banget waktu cuti… tapi setelah kerja dia susah nenen mba… karna pengasuhnya pakai dot… bagaimana ya trik ya mba… biar dedenya mau nenen …apakah salah bentuk dotnya bisa pengaruh nga?soalnya bentuk dotnya agak gepeng? sementara puting nenen saya agak bulat? tolong kasih masukan ya mba… terimaksih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s