[Manajemen ASIP] Mari Kita Peraaang, eh, Peraaah!

Ini dia perlengkapan perang a.k.a alat berat buat perah yang digotong-gotong setiap hari kerja. Deuuu, berat gituh?😀 Isinya benda-benda yang spesifikasi, harga, dan tempat saya belinya sbb:

Image

1. Cooler bag
Punya yg model standar yg insulatornya aluminium biasa sama yg model tas dengan insulator lebih tebal n tahan dingin lebih lama merk Carter’s. Yang biasa ini kebetulan lunch bag saya buat ngampus dulu. Di Jepang sih murah, beli cuman Rp. 10.000,- di One-coin-shop (Hyakuen-shop). Di sini banyak di jual di berbagai olshop harga Rp. 55.000,- n udah include ice gel besar (seharga Rp. 20.000,-). Kalo yang Carter’s harganya Rp. 110.000,-, saya beli di NaFizh Shop.

2. Manual breastpump merk Unimom Mezzo.
Dulu sih harganya Rp. 200.000,-. Sekarang naik jadi Rp. 210.000,- tapi isi paketnya lebih komplit. Ada sparepart membrannya, ada gratis kantong ASIP juga. Saya pake yang manual kalo buat ngantor. Yg elektrik (Mosella dari Little Giant) buat di rumah. Alasannya karena enteng dah lebih cepet ngerakitnya. Disiapin udah berikut botol plastik BPA-free yang compatible dengan corongnya yah. Saya belinya di Mba Dian, owner of Gerai Laktasi.

3. Food container Lock n Lock
Saya butuh ini buat nyimpen breastpump di kulkas kantor. Dengan ini, ga ada acara nyeterilin breastpump tiap abis pompa. Efisien n gak makan waktu. Ini mah beli aja di supermarket ya. Di Carrefour, Ace Hardware, Giant Supermarket jg ada kok.

4. Ice gel kecil
Biasanya saya siapin 3 ice gel kecil untuk perjalanan 2 jam rumah-kantor. Well, 2 buah jg sebenernya cukup sih. Saya beli di NaFizh Shop, Gerai Laktasi, dan Emak Asi Ku.

5. Botol kaca asip atau plastik es
Pernah nyoba bawa botol-botol ini ngantor. Niatnya biar abis pompa bisa langsung simpen sesuai takaran. Ternyata, beraaat bo’! Akhirnya nyerah. Mendingan diwadahin plastik es atau bawa beberapa botol plastik yang compatible tadi. Ngewadahinnya ntar deh, di rumah. Hihihi. Saya sih beli di Mba Velin owner of Botol Asi Kaca BabyPax dan di Mba Ferzah owner of Botol Kaca Asix.

6. Miscellanous stuffs
Ada label buat nulis tanggal dan jam perah di botol/kantong ASIP, bolpen buat nulis (hihi, yaeyalaaah), hand sanitizer, dan thumbler buat nyimpen air putih anget. Minum yang banyak ya, supaya produksi ASI lancar. Minum aer anget karena ngebantu kita rileks supaya tubuh mau ngeluncurin hormon oksitosinnya. Belinya jangan ditanya lah yaaa. :p

Wokeh, silahkan yg mau nambahin yaa. Happy pumping, Bunda-bunda hebat!

4 Comments

    • mba rizky, kalo saya malah ga dicuci lagi, langsung pake untuk pumping berikutnya. asalkan, jaraknya 1×12 jam. saya anggap karena asi sendiri kan mengandung anti bakteri yang tidak rusak selama disimpan di suhu dingin (chiller). jadi, dulu waktu jadwal perah masih sangat tinggi, begini jadwal perah di kantor:
      1. perah jam 9/10 pagi : BP baru steril, habis pakai simpen chiller.
      2. perah jam 11/12 siang : pakai BP dari chiller, habis pakai simpan chiller lagi.
      3. perah jam 2/3 sore : pakai BP dari chiller, ini langsung bawa pulang ke rumah, cuci & steril.

      begitu juga untuk jadwal perah di rumah, tapi karena di rumah lebih longgar, biasanya gak sampe 12 jam, sudah saya steril :
      1. perah jam 6/7 sore : BP baru steril, habis pakai simpen chiller.
      2. perah jam 9/10 malam : pakai BP dari chiller, habis ini langsung cuci & steril.
      3. perah jam 3/4 pagi : BP baru steril, habis pakai simpen chiller.
      4. perah jam 6/7 pagi : pakai BP dari chiller, habis ini langsung cuci & steril.

      semoga membantu, yaa.🙂

  1. salut sama mbak ryka,semoga saya bisa,yakin bisaaa.2 bulan lagi masuk kerja..semangaat pompaaa..
    mbak ryka,habis pompa di kantor itu simpan di kulkas dulu atau langsung masuk cooler bag?maaf ni masih beom paham…

Leave a Reply

