[Manajemen ASIP] Step By Step Penyimpanan ASIP

Hai para Ibu, Bunda, dan Mama perah seluruh Endonesah!

Mau sharing nih, tentang penyimpanan ASIP buat Daanish selama ini. Pengennya sih kalo ada waktu dibikin flow chart-nya pake gambar yang lucu dengan bagan yang mudah dipahami gitu. Tapiii, berhubung Ibubunnya Daanish lagi heboh ma urusan MPASI, sekarang yang penting poin-poinnya dulu aja, yah. Semoga membantu! ^^

  1. Tuang ASIP ke plastik ASI, plastik es batu biasa, atau botol kaca sesuai takaran yang diinginkan. ASIP buat Daanish ada yang diwadahi botol kaca tutup karet (@100ml), botol kaca ex-UC (@120ml), botol kaca wide neck (@200ml), plastik es (ada yang @100ml, ada yang @50ml), dan plastik ASI merk Natur (jumlah bebas, maks 300ml).
  2. Beri label tanggal dan jam perah, serta volume.
  3. Masukkan botol atau plastik ASIP dalam wadah plastik yang tertutup rapat (bisa gunakan merk Tupperware atau Lock n Lock), simpan di chiller (kulkas bawah).
  4. ASIP di chiller yang akan dibekukan, sebaiknya disimpan minimal 1 jam dan maksimal 12 jam. Ini, untuk menghindari ASIP dari perubahan suhu yang mengejutkan, juga untuk menghindari dari paparan bakteri bahan makanan lain di chiller.
  5. Sebaliknya, ASIP di chiller yang akan diberikan pada bayi sebagai ASIP segar, punya umur 3-8 hari, tergantung kontaminasi yang diterimanya.
  6. Simpan ASIP dari chiller ke dalam freezer. Idealnya, freezer yang digunakan untuk menyimpan ASIP tidak digunakan untuk menyimpan bahan makanan lain, apalagi yang mentah. Dalam keadaan ideal ini, ASIP di freezer 2 pintu bertahan 3-6 bulan, sementara di freezer 1 pintu (freezer es batu, freezer khusus ASIP) mampu bertahan 6 sampai 12 bulan.
  7. Jika freezer juga digunakan untuk menyimpan bahan makanan lain, “selamatkan” ASIP si kecil dengan cara membungkusnya satu per satu dengan plastik es batu (bungkus double). Ini diperlukan untuk memperkecil kemungkinan kontaminasi dan “memperpanjang” umur ASIP dalam freezer.

Oya, hindari menyimpan ASIP di pintu kulkas, ya, terutama yang di chiller. Kalau di freezer, boleh aja simpen di pintu, tapi utamakan ASIP itu untuk dikonsumsi terlebih dahulu, yah. ni dulu catatan pendek tentang penyimpanan ASIP. Nanti dilanjutkan lagi dengan step by step penyajian ASIP. Ciayooo, cemungudh, para Emaks! ^^

4 Comments

    • mba, maaf ya baru saya balas. belakangan akses WP saya jadi terhambat sekali😦 sebaiknya sih tidak, mba. karena 8 hari artinya udah menuju masa kadaluarsa penyimpanan ASIP di chiller kan ya. kalau bisa, cukup 1-3 hari aja di chiller, langsung naik ke freezer. idealnya malah kurang dari 24 jam, langsung naik ke atas. kalaupun terpaksa membekukan ASIP yang sudah cukup lama di chiller, meskipun terhidup baru, tetap dahulukan ASIP tsb untuk diminumkan kr bayi ya, mba. jangan lupa, cek kondisi ASIP dengan terlebih dahulu membaui dan mencicip ASIP yang sudah dihangatkan, sebelum memberikannya ke bayi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s