[MPASI Dasar] Saatnya Makan: Perlengkapan MPASI

Blog ini kelamaan diperem, jadinya baru launch pas Daanish genap 8 bulan. Awalnya, saya udah kebelet banget mau nulis macem-macem tentang MPASI yang udah mulai bervariasi. Tapiii, harus direm dulu. Soalnya, tetep, saya mau terus kampanye ASIX dan ASI. Jadilah beberapa postingan awal sengaja saya isi dengan pengenalan dasar serba-serbi dunia ASI dulu. Meskipun belom lengkap, gpp nanti info tambahan lainnya dimasukkan seiring bertambahnya waktu. Dan, meskipun nantinya di blog ini juga bakal berulang-ulang dibahas tentang ASI, hari ini saya mulai sisipkan juga tulisan tentang MPASInya Daanish. Supaya gak lupa, supaya gregetnya masih dapet.

Wokeh. Sebelum ngomongin menu de el el, saya mau ngenalin dulu perlengkapannya. At least, ini yang saya pake sampe Daanish jelang 9 bulan. Saya gak punya slow cooker(SC), karena pas perlu, pas nyari, paaas… ga ketemu. Hehe. Begitu udah terbiasa bikin bubur sendiri, udah ngerasa ga butuh SC lagi deh. Tapi karena banyak banget yang ngerekomendasiin, monggo loh, kalo ibu-ibu yang ngerasa butuh, untuk beli SC ini yah.

Saya bagi perlengkapan MPASI ini jadi 2 rumah:

1. Perlengkapan masak

20120922-130532.jpg

Banyak banget ya keliatannya. Sebenernya simpel kok, cuman emang butuh kerelaan buat beli alat-alat dapur baru, khusus buat bikin MPASI. Soalnya kasian kan, kalo makanan si kecil kecampur bau terasi, rasa sambel, dll. Hihihihi. Mendingan beli baru, toh ntar bisa dipake buat sehari-hari juga begitu fase MPASI lewat.

a. Baby food maker set
Ini dia bintang utamanya! Ada ini, MPASI paling dasar udah bisa dibikin. Di supermarket juga ada jualannya, jadi gampang diperoleh. Daanish dapet kado yang merk Lusty Bunny, harganya terjangkau, sekitar 40-50 ribuan. Di pasaran, ada lagi merk Pigeon yang lebih premium, harganya sekitar 250 ribu rupiah. Isinya: mangkok kecil (untuk alas), saringan kawat, parutan, mangkok berpermukaan kasar untuk tumbukan, penumbuk kecil dari kayu, dan perasan jeruk.

20120922-133633.jpg

Ga tau kenapa, di paketan punya Daanish ga ada penumbuk kayunya, akhirnya pake ujung sendok deh kalo mau numbuk. Padahal merk yang sama di toko-toko bayi tuh lengkap loh paketannya. Apa punya Daanish versi paket lama, ya? Ato kelupaan masukin penumbuknya? Hehehe.

b. Panci dan dandang kecil baru
Fungsinya buat bikin bubur juga ngukus aneka buah dan sayur. Nantinya bisa buat numis sederhana kalo udah umur 8 bulan.

c. Pisau, talenan, capitan, spatula, sendok sayur baru
Jelas lah ya, ini juga buat membantu proses pengolahan MPASI.

d. Aneka tempat penyimpanan makanan kecil, silicone cup, dan box rapat besar
Tempat makanan buat nyetok MPASI, baik di kulkas chiller maupun freezer. Bisa juga buat nyimpen kaldu, kalo ga punya ice cube bertutup.

Silcup, kalo saya, buat alas ngukus aneka makanan, biar nutrisinya ga kebuang ke alas dandang. Plus buat menghidangkan juga, supaya lucu penampilan di mangkuk makannya Daanish.

Box besar penting buat sterilin alat makan. Pernah nyoba pake sterilizer, pada melenyot. Apalagi peralatan MPASI gede-gede, kadang ga muat. Jadi, abis dicuci, alat-alat itu sata masukin box ini, lalu saya siram dengan air yang sudah dididihkan di kompor. Tutup rapet, buka salah satu klipnya aja (untuk menghindari udara pepat yang bikin box rusak), tunggu sampe dingin, baru aernya dibuang dan alat makannya disimpen di box yg sama. Kalo mau pake, ga repot-repot nyeterilin lagi kan. Praktis!

2. Perlengkapan makan
a. Aneka slaber lucu
Sebenernya gak wajib punya banyak, cuma kalo saya sih biar ga pusing cari-cari slaber yang nyelip ato belom kering ato belom dicuci pas mau ngasih makan. Selaen itu, slaber lucu gak cuma bikin yang makan jadi semangat, yang ngasih makan juga ikutan semangat liat ekspresi lucu si kecil gabung dengan motif lucu si slaber. Terus, dapet info dari temen, kalo slaber ini sebenernya fungsinya bukan cuma sebagai ‘celemek makan’ loh, dia juga bisa difungsikan jadi ‘tadah iler’ atopun ‘lap ingus’. Hihihi. Si lucu yang multi fungsi, yah. ^^

20120922-130727.jpg

b. Aneka alat makan
Asalkan udah berstatus food grade, merk apa aja OK kok, gak perlu yang mahal. Pertimbangin aja untuk punya yg ada tutup ato case biar bisa tetep steril buat di jalan. Pertimbangin juga untuk punya yang ramah gusi bayi, terutama di fase awal makan. Daanish pake alat makan dari Lex n Fant, terutama buat cangkir dan sendoknya, yang terbuat dari silikon. Jadi aja niy anak kalo lagi geregetan, alat makan silikonnya suka digigit-gigit. Tapi kalo piring dan mangkok makan sih saya fleksibel aja, yang biasa-biasa asalkan food grade gpp.

20120922-131300.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s