[MPASI 6 Bulan] Serealia Si Ramah Cerna

Sudah 4 hari ampas si pisang belum juga keluar. Masa iya terserap semua. Kan gak mungkin tho? Setelah bingung-bingung, saya putuskan untuk ganti menu di hari ke-5 ini. Meskipun Daanish belum pup.

Hanya saja, karena saya khawatir ada kemungkinan food intollerance dengan buah, pisang khususnya, maka menu Daanish selanjutnya adalah bubur beras merah organik. Alhamdulillah, paginya makan, siangnya dia sudah pup. Hore!

20120922-221516.jpg

Menu Jumat masih dengan bubur beras merah. Karena, saya tidak tahu pupnya Daanish sehari sebelumnya itu karena reaksi makan serealia, atau memang tiba waktunya pup setelah 5 hari mengkonsumsi pisang. Ampas pisang atau ampas beras merah?

Sabtu pun tetap saya teruskan memberinya beras merah. Dan, berhasil, berhasil! Siang itu juga Daanish pup. Hore!

Beras merah lolos, saya lanjutkan serealia berikutnya. Hari Minggu Daanish makan bubur kacang merah organik. Hari Senin pagi si soleh ini sudah lancar jaya mengeluarkan ampas pencernaannya lagi, bahkan sebelum ia makan bubur kacang merahnya lagi. Hummm, sepertinya Daanish cocok dengan serealia ya.

20120926-031018.jpg

Yah, namanya juga belajar, pasti gak melulu hasilnya sama dengan di buku kan. Bayi-bayi lain mungkin cocok dengan buah dahulu, sementara Daanish lebih klop dengan serealia. Baiklah, kalau begitu, mulai sekarang saya pindah mazhab saja. Hihihi. Hidup serealia sebagai MPASI pertama!

Karena sudah pup, saya anggap kacang merah juga lolos. Karenanya, di hari ke-10, Daanish saya perkenalkan labu Kabocha. Ceritanya, setelah tahu reaksinya terhadap buah dan serealia, Ibubunnya jadi penasaran, kayak apa sih nanti kalau sudah coba sayur. Eh, Kabocha yang sejenis labu parang tapi berasal dari Jepang ini termasuk kategori sayur kan yah?

Semoga setelah diselang dua jenis serealia, pencernaan Daanish tambah pinter ngolah sayur dan buah lagi ya, Nak. ^^

***
Resep Bubur Gasol

Bahan:
1 sdm tepung Gasol
1/2 gelas belimbing air matang
ASIP

Cara:
– Campur tepung dan air selagi dingin
– Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk selama +/- 10 menit
– Setelah matang, masukkan ASIP sampai kekentalan yang diinginkan

Leave a Reply

