[MPASI Dasar] Air Putih Saat Fase MPASI: Seberapa Banyak?

Yap, ini pertanyaan common ibu-ibu yang sudah mulai memberikan MPASI anaknya. Berapa banyak air putih bisa diberikan?

Pada awal MPASI Daanish, saya termasuk ibu yang “pelit” kasih air putih. Bukan apa-apa, eman! Toh kandungan air juga ada dalam ASI. Saya pikir, ketimbang kasih air putih yang ga ada gizinya, mending tetep kasih ASI. Ternyataaa…fungsi air putih go beyond that. Asupan air putih sangat membantu pencernaan bayi untuk bisa mengolah makanan padatnya. Daanish yang sempat sembelit karena saya ragu-ragu memberinya air putih, memberi satu pelajaran. Air putih esensial bagi bayi yang sudah mulai fase MPASI setelah usianya 6 bulan. Pertanyaannya, lagi-lagi, seberapa banyak? Bagaimana kalau kurang atau lebih?

Saya sharing dari salah satu sumber, ya. Didapat dari botanical online: how much water do we need, disebutkan bahwa bayi usia 6 bulan butuh kira-kira 50 ml air putih. Sementara yang sudah berusia di atas 7 bulan, bisa mengkonsumsi 100 ml air. Berikut saya copy tabelnya. Total kebutuhan manusia akan air per hari, berdasarkan usia, ada di kolom paling kanan. Catatan pentingnya adalah: bayi di bawah 6 bulan TIDAK BUTUH air putih.

Jadi, asalkan sesuai takaran kebutuhan, jangan ragu berikan air putih ya, Ibu.

2 Comments

  1. trimakasih mbak ryka coretan ini sangat bermanfaat, sudah lama saya cari artikel ttg berapa banyak air putih yang dibutuhkan baby karena baby saya sudah memasuki 6 bulan. saya mulai memberi MPASI & air putih tapi takut ngasinya berlebihan karena dek kirana ternyaa doyan banget maemnya. thank u yaa… ditunggu sharing ttg baby lainnya ^_^

Leave a Reply

