[CeritASI] (Masih) Semangat Pumping!

Beberapa hari lagi Daanish 9 bulan; di dunia lho, bukan di perut. Hihihi. Aih, cepet bener, yak. Perasaan baru kemaren nemu dua strip pink di test pack–yang saking ga percayanya sampe diulang tiga kali sebelum ke dokter kandungan.

Masihkah Ibubun pumping? Iya dooong! Meskipun frekuensinya memang sudah jauh berkurang. Tolong jangan diartikan kalo kita boleh males pumping setelah anak-anak mulai makan, ya.

Saya bisa mengurangi frekuensi pumping karena tiga hal:
1. Jam kerja yang tidak terlalu panjang dan fleksibel
2. Stok ASIP masih melimpah, bahkan meskipun sudah didonorkan
3. Produksi ASI cukup tinggi, bahkan jauh di atas kebutuhan harian Daanish ketika ditinggal kerja (hasil pumping rata-rata 900-1000 ml/hari, kebutuhan rata-rata 400-500 ml/hari)
3. Mengantongi excuse dari atasan untuk tidak diikutkan dalam lembur maupun kegiatan dan atau perjalanan dinas baik dalam maupun luar kota yang mengharuskan menginap sampai usia anak 2 tahun.

Khusus poin ke-4, dalam prakteknya memang saya pun harus ikut fleksibel. Ada beberapa kali saya harus menerima perintah lembur maupun tugas luar kota. Tapi, alhamdulillah sangat jarang terjadi. Sampai saat ini, lembur baru beberapa kali, dan tugas menginap luar kota baru sekali (minggu depan insyaAllah tambah lagi sekali). Itu pun karena saya bener-bener harus ikut; karena agenda kegiatan memang dalam ranah tanggung jawab dan tupoksi saya.

Nah, jangan keburu berleha-leha kalau keringanan-keringanan di atas tidak ada pada kasus Ibu-ibu, yah.

Kalo produksi lagi tinggi, sejak Daanish berusia lebih dari 8 bulan, pumping dijadwalkan dua kali sehari. Tapi kalo normal, biasanya sekali aja sehari.

20120925-162152.jpg

Hari ini Daanish berumur 8 bulan 24 hari, dan buah tangan untuknya dari sekali pumping di kantor adalah 320 ml ASIP (perolehan rata-rata 300-400 ml/hari, kebutuhan rata-rata 200-300 ml/hari).

Yuk, tetep pumping, tetep penuhi hak anak akan ASI hingga 2 tahun! ^^

1 Comment

  1. selalu takjub dengan ryka…
    walaupun Danish udah 8 bulan lebih, tetep produksi asi hebat..
    minta resepnya donk

    suka bingung sama diri sendiri
    sejak jaman nasmah, hasil per 3 jam itu tetep gak bisa melebihi angka 100 ml
    kalaupun dipake sistem the power of pumping, tetep aja ditotal itu per 3 jam hasilnya juga gak lebih dari 100 ml
    apa mungkin karena udah ada nasmah dan thariq. apalagi thariq masih 2 tahun, pas lagi heboh-hebohnya butuh ditemenin. kalau gak, resiko kejledak atau kecelakaan dalam rumah tangga meningkat.

    akhirnya cuma bisa selalu berusaha yang terbaik dan selalu bersyukur dengan apa pun hasilnya…

    tapi teuteup minta resep ya, gimana caranya supaya produksi bisa kayak ryka.

    Ryka’s comment–

    mba dwi, aku sebenernya ga punya resep apa-apa. paling berusaha konsisten perah aja. itupun aku masih suka “bolos” kalo lagi terlalu lelah atau sok sibuk. wah, udah coba power pumping ya, mba. itu udah jurus andelan kayaknya. mungkin power pumpingnya bisa dijalankan dalam rentang waktu lebih lama konsistensinya. awal2 ga ada perubahan, mungkin karena fungsi power pumping masih “hanya” sebagai pengirim sinyal ke otak, belum ke tahap mendorong si hormon prolaktin meproduksi ASI. seiring berjalannya waktu, sinyal2 ini baru akan ditransformasikan jadi mekanisme yang melibatkan prolaktin tadi. seperti kata ayahASI, kerja prolaktin dan oksitosin (hormon cinta) adalah dua mekanisme berbeda. kalo prolaktin udah bekerja dengan baik (produksi meningkat), tapi gak dibarengi aktivitas yang mempekerjakan oksitosin (mengeluarkan ASI), hasilnya adalah perahan yang “tampaknya” sedikit. oksitosin berkaitan dengan hormon yang bikin ibu bahagia, rileks, dan penuh cinta. kunci berikutnya paling hanyalah: do what we love, eat and drink what we love, and… love the people we’re in love with. hihihii. semangat mba dwi!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s