[MPASI 8 Bulan] Tim Ikan Lele

Daanish & the catfish!

Ga mau rugi, berhubung 8 bulannya Daanish pas banget jatuhnya di hari Sabtu, Ibubunnya langsung semangat ’45 hunting aneka bahan makanan yang udah mulai bisa dikenalin ke dia. Lumayan banyak yang bisa mulai dikenalin. Tadi pagi Daanish dicicipin ikan lele yang dikukus dengan beberapa rempah sederhana. Lep, lep, lep. Si kepala lele tinggal separuh lahap dimakan.

Cara bikinnya gampang banget! Malu diposting sebenernya. Tapi siapa tau ada yang butuh. Resepnya hasil selancar di milis MPASI Rumahan, dengan sedikit modifikasi.

***

Resep Tim Lele
1. Lele yang sudah dibersihkan dilumuri dengan jeruk nipis, diamkan 5-10 menit.
2. Buat racikan bawang putih rajang dan extra virgin olive oil (EVOO). Simpan, minyak ini akan cukup berguna untuk beberapa menu MPASI.
3. Tiriskan lele dari air jeruk nipis, lumuri dengan no. 2, diamkan 5-10 menit.
4. Bersihkan dan potong besar-besar daun jeruk, daun salam, sereh, dan daun bawang.
5. Letakkan lele beserta minyaknya ke pinggan tahan panas, taburi dengan no 4.
6. Kukus selama 15 menit. Hidangkan dengan terlebih dahulu menyiangi tulang ikannya.

Daanish kali ini makan lele dengan tim beras merah dan tim wortel-sawi. Hummm, makan enak, makan sehat ya, Nak! ^^

Karena seekor lele itu ternyata banyak buat anak bayi begini, akhirnya menu ini beberapa kali dimakan dengan “teman-teman” yang berbeda.

Berikutnya, niy lele dimakan dengan nasi putih lembut, buncis kukus, labu siam kukus, dan wortel kukus.

20120926-120614.jpg

6 Comments

  1. salam kenal bun..mo tnya nii..itu yg d gmbr ikan lelenya d masak ap yaa selain ygd tim..lg bingung menu anak q 8 bulan ni.. ikan laut n tawar udh bs d kasih kan ya bun ? boleh mnt doonk resep2 yg lain..

    • Salam kenal juga, Mba Diana.

      Selain di-tim, seringnya saya panggang, Mba, biar kayak steak gitu. Soalnya lebih tidak amis jadinya. Manggangnya bisa pake oven, bisa juga di atas wajan anti lengket dengan sedikit minyak. Biasanya, ikan saya ungkep dulu dengan rajangan bawang, sereh, salam, dan jahe, bisa juga diberi perasan jeruk nipis/lemon. Selain menu ini, anak saya suka yang agak creamy, jadi kadang saya bikin dengan white sauce atau dipotong kecil2 untuk dicampur ke macaroni schotel atau gratin. Ada beberapa resepnya di postingan saya yang lain di blog ini, Mba. Monggo dilihat-lihat.πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s