[MPASI 8 Bulan] Banana-Oat Finger Cookies

Masih dalam rangka 8 bulan si cah bagus, nyobain satu resep biskuit bayi yang tampaknya paling mudah. *dasar emak males!

Dapet resep lagi2 hasil googling, ada yang nge-share dalam bentuk file di Scribd. Kayaknya ini juga asal-usulnya dari milis MPASI rumahan juga, deh. Setelah 2 loyang dipanggang, hasilnya agak sedikit keras menurut saya. Akhirnya, sisa yg 1/3 adonan, dimodifikasi deh. Alhamdulillah yang terakhir jadinya lebih empuk n lumer di mulut.

***

Resep Banana-Oat Finger Cookies
Bahan:
Unsalted butter 120 g -> ini pake merk Anchor
Havermut 75 g -> ini pake quick cook oatmealnya Quaker Oat
Pisang 2 buah -> sunpride
Tepung beras putih 200 g -> Rosebrand

Cara membuat:
1. Blender havermut
2. Hancurkan pisang
3. Campur semua bahan dan cetak dengan aneka cookie cutter lucu-lucu.
4. Panaskan oven sebelum dipakai, sebentar saja. Panggang biskuit dengan api sedang selama 10-15 menit atau sampai bagian bawah biskuit berwarna kekuningan.

Tambahan:
1. Ternyata mencetak biskuit dengan cetakan kecil2 cenderung membuat biskuit lebih kering dan keras. Saya sarankan untuk mencetak dengan cetakan yang lebih besar dan adonan tidak terlalu tipis (sekitar 0,5 cm).
2. Lebih baik dipanggang dengan api kecil selama 15 menit, daripada dengan api sedang 10 menit. Biskuitnya lebih empuk dan gak terlalu garing, tapi gampang hancur di mulut bayi. Cocok buat yang baru mulai makan biskuit kayak Daanish.
3. Seperti yang saya bilang, ikut resep di atas hasilnya agak keras. Bisa sih dimakan bayi. Tapi karena saya pengen yang lebih empuk, akhirnya saya utak-atik dikit deh resepnya. Jadi begini:
– 1/3 adonan di atas, campur dengan 2 sdm minyak zaitun (saya pake yang EVOO, tapi kayaknya yang ELOO juga bisa, deh).
– bentuk dengan cetakan besar, bikin biskuit agak tebal, panggang dengan api kecil 15 menit.
– sebelum warna berubah kekuningan (masih seperti warna adonan mentah), matikan api, tunggu sekitar 5-10 menit sebelum dikeluarkan dari oven. Maksudnya, biar finishing biskuit pake sisa panas dalam oven aja, supaya gak garing/keras hasilnya.
– begitu dapet tekstur biskuit yang diinginkan, segera keluarkan dan angkat dari loyang. Ini untuk mencegah sisa panas di loyang bikin biskuit jadi garing/keras juga.

Ugh, wangi pisangnya haruuum! Daanish makannya semangat, deh. ^^
Tapi Ibubun belum puas nih, masih penasaran bikin biskuit bayi yang agak rapuh–mirip-mirip yang dijual bikinan pabrik itu loh. Kapan-kapan mau coba lagi ahhh.πŸ˜‰

10 Comments

  1. Pas googling dpt ini. Resepnya komplit plus tipsnya, mantap. Bunda, sy izin nyontek resep nya ya, buat baby saya yg sekarang suka banget ngemil. Terima kasihπŸ™‚

    Ryka:
    Salam kenal! Sip, Bunda. Selamat bikin cemilan sehat buat si kecil yaaa. ^^

  2. Aslm. Mbak Ryka…salam kenal yaa…seneng deh baca blognya Mb Ryka iniπŸ™‚
    Tadi pagi saya eksekusi resep ini, tapi….alih-alih crunchy kayak biskuit, koq hasil panggangan saya malah kayak bolu yaa?πŸ˜€
    Apa yang salah ya Mbak? Saya pake setengah resep modifikasi Mbak Ryka (yg 1/3 adonan itu lho..) dan saya manggangnya di happy call. Hmm…ngaruh gak ya?
    Mohon petunjuuuk yaaaa. Makasih

  3. Mbak Rykaa.. Makasih resepnya.. Tadi aku nyobain buat Naura 11m, dia doyaaan.. Tapi aku ga nyetak pake cookies cutter sih, kubulet2in terus aku gepengin pake garpu aja.. Frustasi nyobain pake cookies cutter.. Hahaha.. Makasi share-nya, aku jalan2 lagi di blog mbak ya.. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s