[MPASI 8 Bulan] Biskuit Ubi Ungu

Ini biskuit unyu bener, deh. Warna ungunya aja ga kayak biskuit biasa. Seger liatnya, apalagi makannya yak.

20120929-212655.jpg

Curcol dikit, sebenernya kemaren udah dapet biskuit dengan tekstur lembut dan sesuai yg diharapkan. Tapi dasar koki amatiran, pas liat bagian tengah biskuit gak sekering pinggirnya, saya inisiatif manggang lagi selama 10 menit dengan api kecil. Hasilnya, biskuitnya malah kekerasan kalo buat Daanish. Untung cuma bikin setoples selai yang kecil itu loh, bekas wadah ASIP Daanish. Yah, sudahlah, emang disuruh bikin lagi nih kayaknya.

Berhubung kalo manggangnya pas udah dapet tekstur yang diinginkan, saya mau bagi-bagi resep dari group Homemade Healthy Baby Food (HHBF) ini. Ada modifikasi dikit. Soalnya ga punya GFF dan cuma pengen bikin setengah adonan aja.

Oya, ini jadinya jauh lebih baik dari biskuit pisang oat dan biskuit wortel yang pernah saya bikin sebelumnya. Pas bikin ini, saya juga bikin biskuit beras pisang, yang hasilnya lebih sukses dari yang ini. Nanti yah, di-share setelah resep ini.

***
Resep Biskuit Ubi Ungu

Bahan:
40 gr tepung beras
20 gr tepung kanji (tapioka)
60 gr ubi ungu kukus
35 gr unsaltened butter
1 kuning telur
50 gr keju parut

Cara:
– Haluskan ubi ungu, biarkan hingga dingin
– Campur semua bahan dengan spatula hingga kalis. Usahakan hanya menggunakan tangan pada saat finishing menguleni adonan, agar adonan tidak “matang”.
– Tutup wadah dengan cling wrap, simpan di chiller selama 10-15 menit
– Potong dengan cookie cutter
– Panggang di atas oven dengan api kecil selama 20 menit. Gunakan rak paling atas dan tengah bergantian, hindari rak paling bawah untuk menghindari gosong

20120929-212549.jpg

20120929-212830.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s