[MPASI Dasar] Mudah Membuat Bubur/Nasi Lembut Tanpa SC

Udah cerita kan, yah. Saya gak punya SC yang digadang-gadang sebagai senjata tempur paling ampuh buat bikin MPASI bagi ibu bekerja. Saya cari ke mana-mana, gak nemu. Ada sih yang jual online, tapi itu pun saya khawatir pecah. Sambil jalanin fase MPASI Daanish, lama-lama jadi terbiasa deh.

Awalnya sih saya dengan lugunya masak bubur dari beras di atas kompor dengan api sedang-kecil. Mantep deh, 2,5 jam habis baru buat bikin buburnya doang! Setelah itu, dapet masukan dari temen cara mudah bikin bubur atau nasi lembut. Setelah baca sana-sini, bisa variasiin juga nasinya. Mudah dan gak secapek cara jadul saya kok. Hehehe.

Bahan:
– segenggam beras merah/putih
– 1-2 gelas air matang, tergantung tingkat kelembutan yang diinginkan
– opsi: 4 blok kaldu stok dan 2 cm sereh

Cara:
– Cuci beras, taruh di pinggan tahan panas, masukkan air matang lebih banyak dari takaran normal
– Jika ingin nasi/bubur gurih, masukkan bahan-bahan opsional
– Masak pinggan berisi beras di dalam rice cooker, bersamaan dengan nasi yang akan dimasak untuk keluarga
– Begitu nasi keluarga tanak, akan didapat nasi lembut untuk bayi
– Jika masih ingin yang lebih lembut, masak lagi di atas kompor dengan penambahan air, atau saring dengan saringan kawat BFM
– Ambil secukupnya, simpan sisanya dalam wadah rapat di chiller. Setiap akan mengambil, gunakan sendok baru.

Kalo Daanish dari umur 7 bulan udah ga bubur lagi. Yap, Daanish konsumsi solid foodsnya emang lumayan cepet. Padahal sampe sekarang umurnya jelang 9 bulan, dia belom juga dikaruniai gigi. Ehehehe😀

Jadi, kalo saya sih nasi lembek itu yang langsung dikasih ke Daanish. Paling pagi-pagi ngangetinnya dengan dikukus bentar ato direndem air hangat kayak nyiapin ASIP. Udah, deh. Ga ada SC pun alhamdulillah bisa kok! ^,*

9 Comments

  1. Sama, hanisa dah maem nasi lembek sejak 7bulanan.. Kl hanisa siy krn srg travelling jd maem nasi lembeknya cepat, pun gigi sdh bertumbuhan. ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ… Cm dl koq ga kepikiran dipisah ya d ricecooker-nya…? Haha..cm bhubung saya jg suka nasi lembut jdnya ya ga masalah…

  2. aku vivie, baby Greg 2minggu lagi mulai mpasi jd lagi googling2 cari info kanan-kiri🙂
    mba rykalolita itu bubur yang disimpan dlm wadah di chiller bisa untuk berapa hari?

    Ryka:
    Klo chiller 2-3 hr mba. Kl mmg sulit bikin sering2, separo masuk freezer aja. Kemas per porsi ya, biar yg dicairin bs langsung abis sekali mkn n ga dibekuin lg. selamat makan, baby greg! *hug

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s