[MPASI Dasar] Kaldu Ayam Rumahan

Eh, saya mau klarifikasi ulang, yah. Buat MPASI si Daanish, ofkos, semua resep yang pake kaldu pasti merujuk pada kaldu bikinan rumah, alias homemade. Lhaaa, mana mungkin pake kaldu blok instan kalo aneka resep dari bubur ampe biskuit aja saya bikin sendiri di rumah. Useless dong ntar upaya ngasih MPASI alami bin sehatnya. Ya kaaan.

Nah, kaldu mah repot dikit bikinnya, tapi kan bisa disimpen buat stok. Kadang malah kalo lagi gak banyak pake, bisa buat 2 minggu. Eh iya, ini kan kaldu biasa ya, jadi tentu saja juga bisa dipake buat bikin masakan keluarga lainnya, ga cuma buat MPASI aja. Sejak ada Daanish, saya sudah stop pemakaian aneka penyedap dan kaldu buatan pabrik. Ceritanya sih, pengen lebih sehat, apalagi pola makan kita akan ditiru anak nantinya. Cekidot yaaah. ^^

***

Resep Kaldu Ayam 1

– Masukkan air ke dalam panci berisi 1 ekor ayam kampung hingga sepenuhnya terendam
– Masak selama 1 jam dengan api kecil, atau hingga air menyusut minimal setengahnya
– Setelah dingin, simpan sebagian besar di freezer dengan wadah plastik kecil atau ice cube bertutup dan sisakan sedikit di chiller untuk keperluan keesokan harinya

Kaldu Ayam 2

– sda. Tambahkan keprekan bawang putih, daun salam, sereh, jahe, daun bawang, dan daun seledri saat merebus ayam.

Kaldu Ayam 3

– sda. Tambahkan keprekan bawang putih, bawang merah, potongan besar bawang bombay, wortel, kentang, ubi kuning, daun bawang, daun seledri, kayu manis, dan pala

20120929-235805.jpg

1 Comment

  1. Pingback: Membuat Kaldu Ayam Sendiri | Ayo ke Dapur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s