[MPASI Dasar] MPASI Dapur Ibu?

Lama gak ke toko buku, seminggu yang lalu saya sempetin melipir ke salah satu tobuk. Cabangnya baru aja buka di Giant Bekasi Barat.

Nyarinya gak pake basa-basi, langsung ke rak buku yang majang buku seputar MPASI. Emang lagi booming bin happening kaan? Hihihi. Gpp, sama kayak kampanye ASIX, kampanye MPASI bikinan sendiri ini pun gak kalah positifnya, kok. Jadi, yuk, mariii kita ikutin rame-rame.😀

20121012-222742.jpg

Dari buku “Makanan 2 Tahun Pertama” serial buku Nakita, saya baru tahu kalau ada buku pedoman MPASI Lokal terbitan Kementerian Kesehatan. Daaan, baru tau juga kalo 2 jenis MPASI itu ada nama bakunya: MPASI hasil pengolahan pabrik disebut MPASU Pabrikan dan yang diolah di rumah tangga disebut MPASI Lokal atau MPASI Dapur Ibu.

Pedoman Kemenkes itu dibuat supaya ibu-ibu bisa menyiapkan sendiri MPASI buatan sendiri–setelah masa 6 bulan ASI eksklusif–dengan memanfaatkan bahan makanan lokal dan sesuai budaya setempat. Wah, Ibubun kayaknya udah harus mulai eksperimen bikin MPASI bertema “jajan pasar”, deh.

MPASI lokal, jika tata cara pembuatan dan kandungan gizinya diperhatikan, menjamin asupan yang higienis dan bebas bahan yang tidak/belum dibutuhkan si kecil.

Bentuk MPASI dibagi 3, yakni makanan lumat (6-9 bulan), makanan lembek (10-12 bulan), dan makanan keluarga (mulai 1 tahun ke atas).

Sayangnya, majalah ini masih disponsori produk sufor, meskipun untuk bayi di atas 1 tahun. Beberapa resep juga masih harus dipilah sesuai umur bayi, karena Nakita mengelompokkannya dalam rentang usia berdasar bentuk makanan bayi. Sambil baca resep, musti sambil inget-inget tabel makanan sesuai umur bayi, nih.

Tapi bagusnya, buku ini juga memberi informasi gizi, baik dalam artikel maupun takaran per porsi resepnya. Lumayan buat pemula kayak saya. Laen kali, kalo mau pengetahuan gizi lebih komplit, kudu beli buku lain kayaknya. Hehe. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s