[CeritASI] ASIP Sedikit? Ah, Biasa Itu!

Hula! Judul di atas provokatif banget, yak? Songong? Ah, perasaan anda saja itu. Hehehe. Saya cuma mau bagi-bagi cerita nih, Ibu-ibu, bukan bagi-bagi duit loh. Soalnya pasti deh, Ibu-ibu juga suka manyun, sedih, gundah, gulana, kemrungsung alias sedih bin kepikiran, kalo produksi ASI tiba-tiba turun. Apalagi, liat botol ASIP gak penuh-penuh selama perah. Duh, serasa langit runtuh! Hehe. Gak segitunya juga sih, ya. Tapi jelas, mood biasanya langsung turun, semangat ikutan kendor, dan kepercayaan diri tiba-tiba luntur. Oh oh, apa yang harus kulakukan, Tuhan? Apakah salahdan dosaku selama ini?

Pletuk! Lebay kelebihan, ngayal kebanyakan nih, saya. Hihihi.

Jadi yah, jadi yah, pada suatu pagi yang indah, saya juga pernah lho, bersedih-sedih lantatan hasil perahan cuman mepet pantat botol. Lha, padahal biasanya melimpah ruah, gemah ripah loh jinawi lho. Ada apa, apa ada sesuatu, ya?

Akibat gak rajin perah di hari Sabtu dan Minggu, pagi itu selama 45 menit pompa cuma sekitar 30-an mL berhasil dikumpulkan. Ini terjadi di jadwal perah pagi, jam setengah 7, sebelum ngibrit berangkat ke kantor. Hiyaaa, saya memang sering mengalama sindrom begini. I named it “Monday Morning Syndrome”. Gejalanya hasil perahan turun. Terjadinya Senin pagi. Penyebabnya inkonsistensi dengan jadwal perah di akhir Minggu aka MALES akut.

Oke, meskipun sering terjadi, biasanya kejadiannya tidak sedramatis ini. Yes, hasil memang turun. Tapi juga gak sesedikit ini kaliiik! Tetap tenangkah saya? Ya enggak lah! Udah panik dan down aja tuh dari pagi. Ambil kembang, mulai cabutin mahkotanya: masuk kantor, enggak, masuk, enggak, … . Huh huh, kupu-kupu mulai memenuhi kepala. Pusing!

Sambil memyimpan ASIP di kulkas. Langkah gontai pun berganti sedikit semangat. Ngantor aja, deh, daripada merutuki nasib di rumah. Sambil perlahan mulai mengirimkan sugesti positif ke diri sendiri: ah, begini kan udah sering, siapa tau siang nanti hasilnya beda. Yah, gak ada salahnya berharap. Abis ini makan yang banyak, ngobrol sambil haha-hihi di kantor, lupakan hasil perah pagi, dan berdoa mulai! Mari tetap berharap positif: Semoga hasil perah berikutnya lebih banyak. Kirimkan oksitosin yang banyak, Ya Allah. Berikan hari yang indah di kantor tanpa atasan yang marah-marah atau rekan kerja yang bikin kesel, Ya Allah. *Oops!* Amin!

Dan alhamdulillah, Allah memang Maha Baik. Ia baik sesuai prasangka hamba-Nya. Oksitosin pun bekerja cantik hari ini. Otak merespons sugesti positif dan pikiran baik yang dikirimkan padanya. Di hari yang sama, pada jadwal perah berikutnya, siang jam 11.30 botol plastik yang tersambung dengan pompa manual saya pun perlahan terisi. Makin penuh, makin membludak. Saya sampai harus ganti botol ke dua demi mengosongkan isi PD yang berkali-kali mengalamiLDR. Saya sampai terbengong-bengong, takjub sekaligus haru mendapati dua botol tampung ASIP yang dibawa terisi penuh. Yap, sekitar 350-400 mL berhasil terkumpul dalam sekali perah.

Syukur rasanya gak cukup buat mentransformasikan rasa bahagia yang teramat. Ah, seandainya saya biarkan diri saya bersedih-sedih sejak pagi tadi. Seandainya pula saya terus-terusan meragukan kuantitas ASI saya. Mungkin, hasilnya pun akan jauh dari baik.

Yak, cukup sedih-sedihnya ya, Ibu-ibu. Ayo semangat lagi. Ayo kirim pikiran positif ke otak. Dan tentunya, ayo tetap berdoa, berprasangka baik pada Allah, dan biarkan mekanisme tubuh bekerja dengan daya terbaiknya untuk melimpahi kita cairan cinta untuk si buah hati. ^^

1 Comment

  1. sama,mba. saat ini hasil pumping saya jg sedikit banget dibanding yang biasa. gmana kok bisa LDR berkali2 ketika pumping. saya biasanya mancing LDR dengan glitik2in puting atau aerola hehe. tp rasanya cuma bisa sekali LDR slama pumping.😦. jadi hasil pumpingku biasanya ttp mash jauh lbh dikit lah dibanding hasil nya mba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s