Sweet Potato Pottage

Dua minggu lalu, anak-beranak semua kena flu. Alhamdulillah, saya kebagian yang paling ringan. Sementara Daanish panas tubuhnya naik turun di kisaran sangat tinggi, bahkan beberapa kali di atas 40dercel. Yayahnya juga sama, sempat bener-bener drop dan terpaksa ambil cuti, padahal gak pernah ambil cuti karena alasan sakit. Pada long lasting lagi, batuk, pilek dan demamnya. Satu minggu lebih dibutuhkan mereka berdua untuk sembuh total. Huhuhu. Selalu sedih deh kalo pada bareng-bareng sakit gini. Salat aja deh yang berjamaah yak, sakit mah jangan! Hehehe.

Menu ini lagi-lagi dari salah satu sensei favorit di dunia masak-memasak, Mba Melia. Punya Daanish dibikin tanpa gulgar dan hanya sedikit merica, punya Yayahnya ditambahin gulgar dan lebih banyak merica.

image

Bahan:
Ubi jalar 2 buah
Susu 700 ml (kira-Kira) > saya pakai fresh krim 3-4 sdm dan susu kedelai sekitar 300 ml
Tumisan bawang bombay (1/2bawang)
Kaldu ayam > saya pakai kaldu ayam frozen homemade, 100 ml
Lada putih bubuk

Cara:
– Rebus ubi sampai empuk, haluskan dengan mixer/blender
– Campur dengan sisa bahan, masak dengan api kecil 5-10 menit (versi saya)

2 Comments

    • ubi ungu sebenernya salah satu sumber “makanan” berwarna ungu yang mudah didapet dan murah ya, mba, dibadingin lainnya. manfaatnya juga banyak. buah dan sayur berwarna merah tua bahkan hampir mendekati ungu umumnya mengandung anthocyanin. Sejenis antioksidan yang mampu menghambat terbentuknya gumpalan dalam pembuluh darah, yang umumnya mampu mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. ubi ungu juga teksturnya lebih ligat, agak kenyal kayak ketan kalo udah dinacurin, jadi rasanya justru lebih creamy. tantangannya cuma satu, mba, ubi ungu kurang manis jika dibandingkan dengan ubi lainnya. kadang, anak2 kurang suka. kalo anaknya udah di atas setahun, mungkin bisa dicampur madu dan sedikit gula mba.šŸ™‚ met nyoba. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s