[Cemilan] Bakso Daging Ayam-Sapi

Dapet resep bakso dari Mba Melia. Karena terlihat mudah, dicoba deh di rumah. Sayangnya yang punya saya jadinya kurang kenyal, padahal yang Mba Melia bikin bisa kenyal. Huhuhu, apa yang salah ya? Padahal, saya udah coba bikin dengan dua cara. Setelah adonan jadi, dibagi dua bagian. Separuh langsung dibuletin dan direbus, separuh lagi disimpen di kulkas 10-15 menit baru diproses. Kenapa? Karena pernah baca dan nyoba dengan cara didiamkan di kulkas gitu hasilnya lebih kenyal. Eh, yang ini kok keduanya hampir sama ya jadinya, gak ada perbedaan yang signifikan gitu.

Alhamdulillah, tekstur dan rasa baksonya kata suami udah OK. Berarti tinggal eksperimen kekenyalan aja, nih. Ganbaruuu!

Ini hasil percobaan pertama saya.

20130310-094532.jpg

Nah, kalo yang berikutnya, penampakan setelah disulap jadi mie bakso. Lumayan loh, buat cemilan sehat a la rumahan. Hehe.

20130310-094747.jpg

Dan, ini dia resep dari Mba Melia. Dicoba, yaa.😉
Bahan-bahan
Daging ayam 600 gr
Daging sapi 300 gr
Air 100 gr
Katakuriko/tepung kanji 3-4 sdm
Garam, merica secukupnya
Air untuk merebus secukupnya

Cara membuat:
1. Giling daging ayam dan daging sapi sampai halus (kalau pakai food processor, sambil giling ayam sesekali tambahkan air, kalau fp-nya kecil gilingnya bertahap ya agar si fp ngga ngambek)
2. Campur semua bahan sampai rata
3. Didihkan air.
4. Lumuri tangan (kiri) dengan minyak goreng agar adonan tidak lengket. Ambil satu sendon makan adona, letakkan di telapak tangan.
5. Genggam adonan kemudian ambil adonan yang keluar dari atas kepalan tangan (sampai adonan habis)
6. Rebus sampai bakso mengapung. (cara membulatkannya juga bisa dengan menggunakan 2 buah sendok)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s