[Cemilan] Kembaran Si Koja: Bolu Manan Samin

Aha, si Manan Samin versi coba-coba! Apakah berhasil? Kita lihat…

(jreng jreeeeng…)
Begini, atas berkat rahmat… eh, salah.😀

20130412-115132.jpgBerkat takaran (hanya) kira-kira aja dari si Neneknya Daanish *yang emang udah jago bikin kue-kue tradisional Sumatera Selatan, bolu ubi manan samin panggangan pertama sukses keluar oven dengan aroma ubi dan pandan yang harum, tapi terlalu lembut sehingga sulit dipotong dengan pisau. Meskipun Daanish mau makan lahap, ibubunnya tetep ga puas.

Akhirnya, itu kue seloyang, akhirnya dicemplungin lagi ke baskom plastik, diancurin lagi dengan potato masher, ditambahin lagi santan, telur, daaan… lebih banyak terigu. Ini mbandel dari pesan si Nenek yang bilang kalau terigunya ga boleh banyak. Beres itu, dipanggang lagi deh😀. Alhamdulillah, meskipun ga sesukses si kojo, yang ke dua ini lebih ligat dan bisa dipotong. PR ibubun lain kali adalah: cari resep yang pas n ga pake kira-kira!😀

Sementara, ini resep kira-kira dulu yaa. ^^

Resep Bolu Manan Samin

Bahan
* 5 butir telur ukuran sedang
* 3/4 gelas gula
* 500 gram ubi kukus, hancurkan
* 1 gelas terigu
* 1/2 gelas kara/santan kental
* 1/4 gelas air perasan pandan

Cara Membuat :

* Kocok telur dengan kocokan tangan, tambahkan gula, kocok hingga rata dan gula tercampur
* Masukkan air perasan daun pandan dan santan kental
* Masukkan ubi dan terigu, aduk rata tapi jangan dikocok lagi.
* Oleskan mentega/minyak makan ke cetakan, lalu tuangkan adonan sedikit demi sedikit cetakan
* Panggang dalam oven dengan api kecil. -> saya panggang selama 55 menit, sesekali loyang dipindahkan antara rak atas dan tengah oven.

Nih, hasilnya… lumayan kan, dari pada lu manyun. Hihihihi. Daan, sikat, Daaan!😀

 20130412-115648.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s