[Cemilan] Pepaya Siram Jeruk Nipis

Para emak, ada yang anaknya ga doyan pepaya? Atau seperti Daanish, awal MPASI dulu mau-mau aja, sekarang jadi ogah?

Pepaya emang gampang-gampang susah ya dicari yang enaknya. Kadang rasanya ga karuan, kadang baunya ga bisa ditolerir. Mau pepaya impor, mau pepaya lokal, sama aja susahnya. Harus dicari cara supaya si kecil tetap mau makan pepaya, dan supaya gak jadi picky eater di kemudian hari.

Keukeuh amata sih mau kasih pepaya ke anak? Iya, dong. Harus! Soalnya pepaya adalah buah yang murah dan mudah di dapat, tapi kaya akan manfaat. Apa aja sih manfaat dari buah satu ini?

  • Kaya akan vitamin C, bahkan lebih banyak dari jeruk!

… vitamin C yang dikandung oleh jeruk per 100 gram, hanya 49 miligram. Sedangkan dalam 100 gram pepaya, terkandung 78 miligram vitamin C. Jadi, pepaya mengandung vitamin C yang lebih banyak. Satu-satunya buah yang mampu mengalahkan pepaya dalam hal kandungan vitamin C-nya, hanyalah jambu biji, yang mengandung vitamin C sebanyak 87 miligram per 100 gram. (Sumber: kompasiana)

  • Sebagai anti-inflamasi (anti peradangan)

Manfaat Buah Pepaya bisa sebagai anti-inflamasi yang baik. Selain itu, vitamin A dan C serta beta-karoten juga efektif dalam mengobati peradangan. Oleh karena itu, pepaya adalah buah yang baik bagi penderita asma, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis. (Sumber: republikazone)

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat Buah Pepaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dan C serta beta-karoten yang terkandung di dalam pepaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama bagi mereka yang sering terkena serangan pilek, batuk, dan flu. (Sumber: republikazone)

  • Baik untuk pencernaan

Manfaat Buah Pepaya adalah untuk kesehatan pencernaan. Protein dan papain yang ada di dalam pepaya merupakan enzim pencernaan yang membantu proses pencernaan dan mencegah sembelit dengan alami. Jus pepaya membantu menghilangkan nanah, infeksi, dan lendir di dalam saluran pencernaan. Sekali waktu, cobalah untuk mengonsumsi pepaya selama tiga sampai empat hari, karena dapat membantu membersihkan perut dan usus serta bekerja sebagai tonik. Para pakar juga mengatakan bahwa serat yang ada pada pepaya membantu mengikat racun penyebab kanker di usus besar dan mencegah mereka (racun-racun) untuk pergi mendekati sel-sel yang masih sehat di usus besar. Folate pepaya, vitamin C, beta-karoten, dan vitamin E juga bekerja sama dalam mencegah timbulnya kanker. (Sumber: republikazone)

  • Mencegah penyakit jantung

Manfaat Buah Pepaya adalah untuk mencegah penyakit jantung. Pepaya dipercaya efektif dalam mencegah atherosclerotic dan penyakit jantung akibat diabetes. Konsentrasi dari pro-vitamin, carotenoid phytonutrients, yang dikandung oleh pepaya juga membantu dalam pencegahan. Nutrisi-nutrisi ini membantu mencegah oksidasi kolestrol sehingga mencegah terjadinya penumpukan di dinding arteri dan, dengan begitu, plak berbahaya yang menyebabkan timbulnya serangan jantung dan stroke dapat terhindari. Serat pepaya juga mampu membantu menurunkan kadar kolestrol LDL (kolestrol jahat). (Sumber: republikazone)

  • Baik untuk perawatan kulit dan rambut

Manfaat Buah Pepaya adalah untuk perawatan kulit. Pepaya atau jus pepaya dapat diaplikasikan untuk mencegah dan menyembuhkan gangguan-gangguan kulit, seperti jerawat, kutil, dan luka bakar. Jika sering digunakan, pepaya dapat mengembalikan warna asli kulit yang sebelumnya berubah akibat sinar matahari. Oleh karena itu, pepaya sering dijadikan unsur penting dalam banyak krim pemutih dan masker. Antioksidan yang terkandung dalam pepaya dapat memperlambat penuaan dan memberikan warna kulit yang cerah. Pepaya juga bagus untuk kesehatan rambut karena dapat membantu mencegah timbulnya ketombe. (Sumber: republikazone)

Pada suatu hari, status FB seorang teman memberi saya ide. Dia bilang, pepaya enak dimakan dengan perasan jeruk nipis dan taburan gula pasir. Dari sekian banyak yang komentar di bawah statusnya, ternyata banyak juga orang-orang yang familiar dengan cara penyajian pepaya yang demikian. Sementara, saya baru seumur hidup sekali ini mendengarnya. Boro-boro makannya, belum pernah, lah! *bangga lagi😀. Tanya sama suami, ternyata dia juga sama, belum pernah denger, belum pernah tau, belum pernah makan. Dan berhubung pepaya di rumah sudah dua hari dicuekin sama Daanish, saya coba aja resep sederhana ini.

Bahan:

Pepaya

Air perasan jeruk nipis

Gula pasir > skip untuk 8m

Cara:

Pepaya dipotong-potong, disirami air jeruk nipis, dan ditaburi gula pasir.

Bagaimana hasilnya?

Taraaaa… semangkuk pepaya ini habis untuk Daanish 2 kali ngemil. Hihihi. Yippiyey! Boleh dicoba lho, Emaks, siapa tau juga berhasil untuk putra-putrinya. Hidup makan pepaya! ^^

20130412-114915.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s