[CeritASI] Kenapa Harus Dikampanyekan? (1)

Saya baru ingat, ada seseorang pernah bertanya, “Kenapa ASI kini harus dikampanyekan?” Mungkin sebab ia, dan sebagian dari kita, berpikir bahwa seharusnya memberi ASI itu lumrah, manusiawi, dan secara nalar sudah ada dari sananya.

Jadi, kenapa harus dikampanyekan?

Sebab, ternyata tidak semua orang tahu bahwa ASIX selama 6 bulan pertama itu berarti hanya memberikan ASI saja. Ya, ASI thok! Titik. Tidak memberi air putih saat cegukan, atau air hangat setelah menyusu, atau air madu, atau air tajin, atau buah, atau nasi, atau apapun. Tidak, dan tidak!

Belum semua masyarakat juga “ngeh” kalau ASI bisa diperah dan bisa disimpan. Bayangkan, teman-teman kantor saya saja terbelalak waktu saya ceritakan bahwa dalam kondisi paling ideal ASIP bahkan bisa bertahan hingga setahun.

Belum semua rekan kita juga mengetahui apa itu manajemen ASIP. Bagaimana menyimpan dan memberikan ASIP. Belum semua orang waspada akan bahaya pemberian MPASI dini. Belum semua orang mengerti soal bagaimana ASI diproduksi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Belum semua yakin kalau ASInya cukup. Belum semua orang percaya kalau ASI lebih baik dari sufor dengan harga paling mahal sekalipun.

In the end, ternyata, belum semua orang MAU belajar tentang ASI.

Inilah satu alasan, kenapa saya sukaaa sekali berkampanye ASI. Semangat ASI! ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s