[Cemilan] Hotel Bread (Soft Bread) dan Tuna Cheese Onion Bread

Semalem, bela-belain nge-baking sampe midnight demi cemilan anak lanang yang sudah habis. Sempet kecewa karena salah resep yang bikin adonan gak kalis-kalis. Akhirnya, karena udah capek banget, nekad ajah nerusin adonan yang salah plus improvisasi sana-sini, alhamdulillah jadi juga: hotel bread (soft bread) n tuna cheese onion bread. Adonan rotinya sih sama. Dari satu resep, dibagi dua, jadi dua jenis penganan deh. Ini roti tawar pertama yang berhasil saya buat. Seneng! Lain kali, mau bikin yang bener-bener sesuai resep, ah. Arigatou resepnya, Mba Melia!

*****
Resep Hotel Bread (Soft Bread)

*Karena sempet salah resep tapi berhasil juga, saya tuliskan juga improvisasi resep yang saya buat semalem. In case, kalo kesalahan yang sama terulang lagi, saya bisa inget cara “ngakalinnya”.πŸ˜€

(Resep aslinya dari : http://cookpad.com/recipe/1337254, sedikit saya modifikasi sesuai selera)

Bahan:
1. Tepung terigu protein tinggi/sedang 350 gr -> Saya pakai yang protein tinggi dan ditambah jadi 450 gr
2. Kuning telur 2 butir -> Saya salah masukin, jadi telur utuh 2 butir
3. Gula 50 gr -> Dengan pertimbangan gula Indonesia lebih manis, saya buat 40 gr aja
4. Garam 7 gr
6. Susu 195 gr
7. Fresh cream (whip cream cair) 60 gr
8. Butter 25 gr -> Saya pakai margarin 25 gr
9. Ragi dry yeast 6 gr -> Saya tambahkan juga bread improver Baker’s Bonus 4 gr
10. Telur kocok untuk olesan secukupnya -> Skip

Cara membuat:
1. Uleni sampai kalis atau masukkan semua bahan ke Home Bakery (Bread Maker), pilih mode uleni adonan. -> Berhubung gak punya HB dan capek ngulenin manual, setelah campur semua bahan, saya kocok dengan standing Mixer (gunakan sambungan pengocok yang berbentuk spiral) sampai adonan setengah kalis. Lalu, lepaskan Mixer dari peyangganya, dan lanjutkan menguleni dengan posisi Mixer di tangan dengan kecepatan tinggi hingga benar-benar kalis.
2. Setelah adonan kalis, siap dibentuk sesuai selera misalnya dimasukkan ke cetakan roti tawar atau dibuat roti isi(*). -> Separuh adonan saya buat roti tawar, langkahnya melanjutkan no 3&4 ini. Separuhnya lagi saya bikin roti isi. Biar gak bingung, langkahnya ada di bagian bawah yaaa.
3. Fermentasi sampai mengembang 1,5 kali lipat. Olesi permukaannya dengan telur
4. Panggang di oven yang telah dipanaskan 180℃ (roti tawar : 30 menit, roti isi : 12-15 menit)

Untuk roti isi (*), masih dari resep Mba Melia, saya coba Tuna Cheese Onion Bread. Berikut bahan dan langkah-langkahnya:

Isi:
Process cheese/Slice cheese 150g
Bawang bombay 1/2 buah (ukuran besar)
Tuna 1/2 kaleng
Mayones 1 sdm
Garam, merica sejumput/sesuai selera

Cara Membuat:

Isi:
Potong dadu keju 1×1 cm dan bawang bombai (kira-kira aja)
Campur potongan keju, tuna, bawang bombai, mayones, garam dan merica

Roti:
Uleni adonan sampai kalis (ngga lengket di tangan dan mulus). Caranya terserah, boleh ngulenin pakai tangan, boleh pakai Home Bakery.
Kalau ngulenin pakai tangan: fermentasi 25 menit 40 derajat celcius, sampai mengembang 1,5 kali lipat kira-kira
Bagi dua adonan, pipihkan segi empat (kira-kira 15×20 cm)
Letakkan adonan isi di atas adonan roti (sisakan bagian kosong di bagian atas dan bawah adonan ketika digulung ngga berantakan dan bisa rapat ujungnya)
Bagi adonan menjadi 6 bagian (tandain dulu aja supaya ukuran sama besar)
Masukkan adonan di muffin cup atau aluminium cup
Fermentasi 20 menit 40 derajat celcius (sampai adonan membesar)
Olesi permukaan adonan dengan telur
Panggangn 190 derajat celcius 15 menit, kalau kurang coklat permukaannya tambah 2-3 menit lagi.

Leave a Reply

