[Cemilan] Pumpkin Cinnamon Streusel Pancake


dannn… inilah yg namanya ngidam itu. pancake for late dinner?! /*0*\ tapi beneran, ini enak! hihihi. malemnya makan sendirian, minggu paginya makan rame2. daanish mah emang doyan sama makanan manis.

resep si pumpkin cinnamon streusel pancake *dooh, namanya susye bener :d* ada di sini.

nyesuain stok, tepung gandum utuh diganti tepung havermut, aneka rempah (kayu manis, cengkeh, jahe, pala) diganti sesendok teh bubuk spekoek dan sesendok teh bubuk kayu manis. here it is ^^

***
ppancakeumpkin cinnamon streusel pancake

ingredients:
For the cinnamon streusel:
1/2 cup all-purpose flour
1/2 cup brown sugar, packed
1 teaspoon ground cinnamon
6 tablespoons cold unsalted butter, cut into chunks

To make the pancakes:
3/4 cup all-purpose flour
1/2 cup whole wheat flour
2 tablespoons light brown sugar
2 teaspoons baking powder
1/4 teaspoon salt
1 teaspoon ground cinnamon
1/4 teaspoon nutmeg
1/8 teaspoon ground ginger
1/8 teaspoon ground cloves
1 cup milk
1/2 cup canned pumpkin (not pumpkin pie filling)
1 large egg
2 tablespoons canola oil
1 teaspoon vanilla extract

directions:
1. First, make the cinnamon streusel. In a medium bowl, combine flour, brown sugar, cinnamon, and butter. Mix together with your hands or a fork, until you have a crumbly mixture. Set aside.
2. In a large bowl, whisk together flours, brown sugar, baking powder, salt, cinnamon, nutmeg, ginger, and cloves. Set aside.
3. In a medium bowl, whisk together milk, egg, pumpkin, canola oil, and vanilla extract. Add wet ingredients to the flour mixture and whisk until combined.
4. Heat a griddle or pan to medium low. Coat with cooking spray. Drop 1/3 cup of batter onto heated skillet. Add 2 tablespoons of the cinnamon streusel. Cook on the first side until bubbles begin to form, about 2-3 minutes. Carefully flip pancake over and cover very generously with cinnamon streusel. Cook for another 2-3 minutes or until golden brown. Continue this process to make the rest of the pancakes.
5. Serve pancakes warm with maple syrup and butter.

Advertisements

Healthy Choco Bites


20130624-142557.jpgAsiiik! Nemu resep cemilan manis yang aman. Sehat? Sepertinya iya sih. Soalnya manisnya dari pisang, kurma n kismis. Crunchy-nya dari almond (resep asli pake kacang tanah). Dan, yang pasti ga pake rasa bersalah meskipun ngemil banyak beginian. 😀 Resep saya contek dari sesama member HHBF, Mba Cindy. Resep bisa dilihat di sini.

Oya, karena gak pake gula maupun susu, cemilan ini juga bisa buat bayi di bawah umur setahun loh. Cuman teksturnya mungkin terlalu kenyal kalau si bayi belum ada gigi. Diakalain supaya jadi lebih lembut sepertinya bisa. Terserah kreasinya Ibu-ibu deh. ^^

Saya sih kemarin nge-grinder bahan basanya agak kurang halus, jadi ada sisa kasar-kasarnya yang bikin Daanish kadang-kadang menolak. Tapi, dia tetep hobi makannya kok. Cuma harus saya cubitin kecil-kecil aja si Choco sebelum nyemplung ke mulut mungilnya. Hihihi.

 

 

::Healthy Choco Bites::

untuk 9 porsi

 

Bahan:
2 sdm coklat bubuk (aku pake merk van houten, nggak tll pait)
2 sdm quick oat (pake quacker oat warna merah)
segenggam kacang tanah, sangrai dulu dlm wajan tanpa minyak atau panggang dalam oven selama 10 menit dengan api kecil-sedang, agar renyah > saya pakai almond sangrai
1/2 buah pisang matang (aku pake cavendish) > saya pakai 2 buah pisang raja
2 sdm kismis
5 buah kurma, buang biji

20130624-143713.jpg20130624-142645.jpg
Cara:

blender jadi satu semua bahan kering (coklat bubuk, oat dan kacang tanah), masukkan dlm satu wadah, sisihkan.
blender semua bahan basah (pisang, kismis, kurma), campur ke dalam bahan kering, aduk jadi satu, bulatkan satu2. masukkan ke dalam kulkas (chiller) selama 10 menit, sajikan.

Homemade Italian Dressing


20130624-142457.jpg

Ceritanya, saya dan suami suka salad. Ehem, uhuk-uhuk. Bukan sok punya selera kayak orang asing. Tapi karena salad, selain sehat, juga gampang kan bikinnya. Yaeyalah, secara tinggal bersihin sayur, potong, terus siram dressing aja geto loh! :))

Susah cari dressing yang pas di lidah, mana mahal pula. Berbekal pengalaman lidah ecek-ecek nyicipin makanan Italia di Jepang dulu *loh, beda negara dong :D* akhirnya saya nekad bikin Italian Dressing sendiri. Gayaaa! *elap keringet*

Ternyata, kalau bener-bener ikutan resep, jadinya oily banget. Kalo buat orang Indonesia sih, agak seret di tenggorokan. Jadi saya modifikasi dikit, dengan menambahkan air di dalamnya.

***

Zesty Italian Dressing Recipe
(Source is here)

Ingredients:
1 cup of the vinegar (any type is fine, whether ACV, wine vinegar, rice vinegar, etc…)
1 1/3 cup of olive oil or other oil (I usually do half olive oil, half cheaper oil)
2 tablespoons of water > saya modifikasi jadi 1/3 gelas air
1/2 tablespoon garlic powder
1/2 tablespoon onion powder
1/2 tablespoon honey, white sugar, or sucanat
1 tablespoons dried oregano
1/2 teaspoon ground black pepper
1/4 teaspoon dried thyme
1/2 teaspoon dried basil
1/2 tablespoon dried parsley
1 tablespoons salt

Instructions:
1. Pour ingredients into a glass jar or bottle with a cover. You may need to use a funnel, in which case pour the dry things in first before the liquids.
2. Cover and shake well.
3. Use, or refrigerate for months and months.
4. Enjoy!

P.S. If you leave out one or two of the spices, it’ll still taste terrific.
P.P.S. The texture is exactly like the bought stuff.

20130624-150724.jpg

Tekwan


Nah, kalau ini udah lamaaa banget diniatin pengen bikin, tapi gak jadi-jadi juga. Itu tenggiri sampe udah bermetamorfosis jadi siomay segala. Hihihihi.

20130624-115547.jpg

Sayangnya, pas pengen bikin, pelengkap yang standby di rumah cuma jamur kuping. Bengkuang, bunga sedap malam, daun seledri, daun bawang, dan bawang gorengnya gak ada. Mau ngulek sambel cabe ijonya aja badan udah kecapean banget. Maklum, bumil gede booo. Bawannya berat semua. Mana ini hari pas bikin, Yayahnya Daanish kerja, asisten ijin pulang kampung. Jadilah saya single fighter, masak sambil digelendotin Daanish, sambil sesekali ngajak dia main, cebok pas poop *ups :D*, maupun gonta-ganti baju dan clodi. Ah, serulah pokoknya!

Yang bikin seneng, Yayah dan Daanish tetep semangat makan, meskipun kurang ini dan itu. Apalagi si Daanish, duh, sampe semangat makan sendiri tuh semangkuk tekwannya. Terima kasih untuk selalu menganggap masakan Ibubun enak yah, Yayah dan Daanish. Kalian itu, paling pinter deh bikin capek masak Bubun ilang. ^^

Resep:
Oleh: Fatmah Bahalwan

Bahan Kaldu :
– 1.5 lt air
– 250 gr udah segar, kupas bersih, pisahkan kepala & kulit
– 2 st kaldu bubuk
– 2 sdm ebi cincang kasar

Bahan Tekwan :20130624-121042.jpg – 250 gr daging ikan tenggiri
– 50 ml putih telur
– 100 ml air
– 1 sdt lada bubuk
– 2 sdt garam
– 250 gr tepung sagu
– 1 lt air
– 5 sdm minyak sayur
– 6 bawang putih cincang halus
– 10 jamur kuping, rendam, potong kasar
– 50 gr bunga sedap malam, rendam, ikat-ikat
– 1 bh bangkuang, potong seperti korek api
– 2 bh daun bawang, iris halus

Bahan Pelengkap :
– Bawang putih goreng
– Seledri iris kasar
– Sambel cabe rawit

Cara membuat :
1. Kaldu : masak air hingga mendidih, masukkan kepala dan kulit udang, kaldu bubuk dan ebi cincang. Biarkan mendidih sekali algi. Angkat, saring. Buang ampasnya.
2. Tekwan : haluskan daging ikan tenggiri, dan udang kupas, campur dengan putih telur, air, lada halus, dan garam. Masukan irisan daun bawang. Aduk rata. Tambahkan tepung sagu, lalu uleni. 3. Masak air hingga mendidih, cemplungkan bulatan tekwan dengan sendok, masak hingga terapung. Angkat. Tiriskan.
4. Campur air perebus tekwan dengan kaldu udang.
5. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan kedalam kaldu, masukkan pula jamur kuping, bunga sedap malam, bangkuang dan tekwan. Didihkan sekali lagi. Taburi daun seledri dan bawang putih goreng. Sajikan

[Cemilan] Puding Roti Pisang


Lagi-lagi, masih dalam rangka menghabiskan stok pisang raja itu. Di-baking-nya juga di malam yang sama. Wuih, kesannya jagoan

banget ya, si Ibubun. Nekad bikin dua kue berbeda dalam semalam. *Hahaha, jadi kayak Bandung Bondowoso yang bikin seribu candi semalam :D* Tapiii, kalau lihat dari resepnya, pasti bakal gak jadi heran deh. Soalnya emang resepnya semua gampang-gampang. saya malah gak ngeluarin mixer. Cukup pengocok telur dan spatula aja.

Resepnya juga pake resep puding roti yang sebelumnya emang udah saya coba bikin dan berhasil. Bedanya, kali ini saya tambahin pisang yang buanyaaak. Jadinya lebih bervolume deh, pudingnya. Ini resep setelah modifikasi yah.

Puding Roti Pisang

Bahan:20130624-115442.jpg
4 lembar roti tawar
2 butir telur, kocok lepas
2 pisang raja ukuran sedang, hancurkan
300 ml susu cair putih
1/2 cup gula
1 sendok makan margarin
1 sendok makan butter, cairkan
1 bungkus vanilla
Sedikit bubuk kayu manis

Pelengkap:
Kismis, kelapa muda, dan 2 buah pisang raja yang dipotong bundar

Cara membuat:

1. Potong roti tawar menjadi beberapa bagian,sesuai selera. Tuangkan susu dan aduk hingga semua bagian roti terendam susu.
2. Tuang telur yang sudah dikocok dan pisang raja yang sudah dihancurkan, aduk hingga rata tambahkan vanili dan sedikit bubuk kayu manis. Tuang pelengkap yaitu kismis dan kelapa muda, aduk kembali.
3. Masukkan gula dan mentega serta butter yang sebelumnya telah dicairkan. Aduk kembali.
4. Siapkan loyang untuk roti atau pinggan anti panas dan olesi dengan butter. Panggang hingga matang.
5.Dinginkan begitu panasnya hilang. Masukan kulkas dan sajikan dingin.

[Cemilan] Bolu Pisang (Easy Banana Cake)


20130624-115349.jpgpunya banyak pisang raja di rumah. sebelumnya beli sesisir pisang baranang buat cemilan daanish. eh, si baranang belum abis, dapet rejeki oleh2 pisang raja kering dari kampungnya asisten yang emang abis mudik. pisangnya manis n besar-besar. dicemilin gak abis-abis juga. mau dibuang sayang. emang kulitnya udah mulai item-item tapi buahnya masih OK banget. akhirnya malem-malem diniatin baking. tapiii, carinya resep yang gampang aja deh. sesuai namanya: easy banana cake.

resepnya dari sini, saya buat takaran gula dan butternya jadi separuhnya. itu aja hasilnya udah manis banget loh. ckckckc, emang ya, seleranya orang londo itu, sweet n fatty sekaliii. 😀 saya gak terjemahin ya, abisnya males sih. copy-paste dari sononya ajah. hihihihi. ^^

Recipe:

Ingredients:
125g butter > 60g
150g caster sugar > 75g (skip untuk bayi <1y, atau ganti jus buah manis)
1 tsp vanilla extract
1 egg, beaten
2 very ripe bananas, mashed > 4 medium sized bananas
190g self raising flour
60ml milk (ganti dengan susu nabati, atau campuran susu nabati dan jus buah manis sebagai suplemen gula)

Preparation method:20130624-124417.jpg
Prep: 10 mins | Cook: 35 mins
1.Grease and line a 2lb loaf tin. Melt butter, sugar and vanilla in a saucepan over a medium heat.
2.Remove from heat and add the mashed bananas, mix well.
3.Add the egg, mix well.
4.Stir in the flour and the milk.
5.Pour into the prepared tin, sprinkle with a tablespoon of demerara sugar to give a crunch topping if liked.
6.Bake at 150 C fan oven (or 170 C regular, Gas mark 3) for 35 mins, until a skewer comes out clean. Leave to cool and enjoy!

Susu Kedelai


20130624-121124.jpgSaya sih kemarin bikinnya gak pake takaran perbandingan antara kedelai dan airnya. Pokoknya sesudah dapat kekentalan yang diinginkan, cukup. Saya bikin dua kali dengan cara bebeda. Yang pertama, kedelai tanpa direndam langsung diblender, lalu direbus. Yang kedua, kedelai direndam dulu semalaman baru diblender dan direbus. Yang kedua tentu saja membelnbernya jadi lebih ringan, karena kedelainya lebih lunak. Tapi perasaan, kok yang tanpa rendaman rasanya lebih enak ya. Hehehe.

Kapan-kapan, saya mau coba juga resep susu kedelainya Fatmah Bahalwan (NCC) ini. Bedanya, saya gak pake jahe kemarin-kemarin.

 

 

***

SUSU KEDELAI
Penulis: Fatmah Bahalwan

Bahan:20130624-115120.jpg
100 gr kedelai
600 ml air
4 sdm gula pasir > skip untuk bayi <1y
1 lbr daun pandan
1 ruas jahe emprit, memarkan

Cara membuat:
– Cuci bersih kedelai, rendam dalam 600 air selama 6 jam.
– Masukkan dalam blender, proses hingga kedelai halus.
– Masak diatas api sedang, bersama daun pandan dan jahe hingga mendidih, angkat.
– Masukkan gula pasir, aduk rata, sajikan.