[Cemilan] Almond Raisin Bread

Almond Raisin Bread

Almond Raisin Bread

Buat saya, bikin roti adalah manifestasi kemampuan memasak yang melampaui kemampuan bikin cake atau bolu. Saya berkali-kali gagal membuat roti dengan ulenan tangan, dan sudah memasukkan bread maker dalam have to buy list saya. Sudahlah, memang tidak mungkin buat saya bikin roti tanpa bantuan si canggih bread maker itu, pikir saya pesimis.

Semangat saya agak bangkit waktu lihat postingan Mba Dwi Uy nun jauh di Malaysia, tentang fungsi pengocok berbentuk spiral pada mesin mixer rumahan. Wow, sama seperti Mba Dwi, saya juga baru tahu kalo alat itu ternyata berfungsi untuk menguleni adonan roti. Yap, acara mengulen yang cukup berat itu “kini” bisa dibantu dengan si spiral.

Akhirnya, dengan lancang nan gagah berani, saya langsung coba eksekusi resep roti. Gak tanggung-tanggung, yang saya coba adalah resep Hotel Bread/Soft Bread-nya Mba Melia yang terkenal lembut dan bertekstur sangat halus itu. Sok berani banget, sih! Tak dinyana, di percobaan pertama dengan tips dari Mba Dwi dan resep dari Mba Melia ini berbuah manis. Tau-tau, sim salabim, jadilah si roti lembut dan wangi susu itu. Padahal seperti saya ceritakan sebelumnya di sini, saya sempat gagal dalam hal takaran. Sana-sini penuh improvisasi.

The Sweet Ones!

The Sweet Ones!

Nah, berangkat dari keberhasilan tak terduga ini, saya jadi agak-agak keranjingan bikin roti. Sempet gagal bikin roti no gulgar, jadinya bantat, dan akhirnya saya olah jadi puding roti (resepnya di sini). Tapi abis itu maju terus dooong! Setelah bikin yang isi asin yang ternyata disukai suami itu, saya jadi pengen bikin yang isinya manis. Ada pasta almond di kulkas sisa bikin Semla/Semlor dan stok kismis, saya jadi kepikir pingin bikin roti dengan isian itu. Kali ini saya gak nimbang, pokoknya pasta almond dan kismisnya saya campur, terus saya isikan di roti dengan metode pengisian yang sama dengan Tuna Cheese Onion Bread-nya Mba Melia. Jadinya, alhamdulillah, enak! Hehehe. Yang manis-manis gini mah emang kesukaan saya atau Daanish. Suami cuma nyicipin satu, selebihnya ngabisin yang isi tuna favoritnya. Ah, senaaang! ^^

Resep dasarnya dan cara pengisiannya masih pake resep lama yang ini yaaa. Sedangkan cara bikin pasta almondnya ada di postingan yang ini. Selamat nyoba!

Leave a Reply

