Tekwan

Nah, kalau ini udah lamaaa banget diniatin pengen bikin, tapi gak jadi-jadi juga. Itu tenggiri sampe udah bermetamorfosis jadi siomay segala. Hihihihi.

20130624-115547.jpg

Sayangnya, pas pengen bikin, pelengkap yang standby di rumah cuma jamur kuping. Bengkuang, bunga sedap malam, daun seledri, daun bawang, dan bawang gorengnya gak ada. Mau ngulek sambel cabe ijonya aja badan udah kecapean banget. Maklum, bumil gede booo. Bawannya berat semua. Mana ini hari pas bikin, Yayahnya Daanish kerja, asisten ijin pulang kampung. Jadilah saya single fighter, masak sambil digelendotin Daanish, sambil sesekali ngajak dia main, cebok pas poop *ups :D*, maupun gonta-ganti baju dan clodi. Ah, serulah pokoknya!

Yang bikin seneng, Yayah dan Daanish tetep semangat makan, meskipun kurang ini dan itu. Apalagi si Daanish, duh, sampe semangat makan sendiri tuh semangkuk tekwannya. Terima kasih untuk selalu menganggap masakan Ibubun enak yah, Yayah dan Daanish. Kalian itu, paling pinter deh bikin capek masak Bubun ilang. ^^

Resep:
Oleh: Fatmah Bahalwan

Bahan Kaldu :
– 1.5 lt air
– 250 gr udah segar, kupas bersih, pisahkan kepala & kulit
– 2 st kaldu bubuk
– 2 sdm ebi cincang kasar

Bahan Tekwan :20130624-121042.jpg – 250 gr daging ikan tenggiri
– 50 ml putih telur
– 100 ml air
– 1 sdt lada bubuk
– 2 sdt garam
– 250 gr tepung sagu
– 1 lt air
– 5 sdm minyak sayur
– 6 bawang putih cincang halus
– 10 jamur kuping, rendam, potong kasar
– 50 gr bunga sedap malam, rendam, ikat-ikat
– 1 bh bangkuang, potong seperti korek api
– 2 bh daun bawang, iris halus

Bahan Pelengkap :
– Bawang putih goreng
– Seledri iris kasar
– Sambel cabe rawit

Cara membuat :
1. Kaldu : masak air hingga mendidih, masukkan kepala dan kulit udang, kaldu bubuk dan ebi cincang. Biarkan mendidih sekali algi. Angkat, saring. Buang ampasnya.
2. Tekwan : haluskan daging ikan tenggiri, dan udang kupas, campur dengan putih telur, air, lada halus, dan garam. Masukan irisan daun bawang. Aduk rata. Tambahkan tepung sagu, lalu uleni. 3. Masak air hingga mendidih, cemplungkan bulatan tekwan dengan sendok, masak hingga terapung. Angkat. Tiriskan.
4. Campur air perebus tekwan dengan kaldu udang.
5. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan kedalam kaldu, masukkan pula jamur kuping, bunga sedap malam, bangkuang dan tekwan. Didihkan sekali lagi. Taburi daun seledri dan bawang putih goreng. Sajikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s