Kebutuhan ASI Si Newborn: Cukupkah ASI Saya?

Awal-awal ASI gak keluar?

ASI saya kok sedikit, ya?

Duh, cukup gak sih?

Anak saya menangis terus-terusan, apakah dia kurang kenyang?

Ibu-ibu juga pasti pernah galau kaaan. Apalagi di hari-hari awal si kecil lahir ke dunia. Oke, dia memang lucu dan imut, menggemaskan bahkan. Isaknya juga rintihannya terasa bagai lagu merdu di telinga. Tapi, kalau sudah berubah menjadi tangisan sendu nan mendayu, teriakan yang tak bisa kita tafsirkan, bahasa yang bernada sedih nan susah dihentikan; apakah kita bisa tenang menghadapinya?

Pun, sayangnya, dunia tidak seindah pelangi. Di masa bingung seperti itu, orang-orang sekitar justru kurang menguatkan; mereka berkali-kali dan dengan menyebalkan mulai memaksa kita untuk memberi sufor. “Cuma sementara,” katanya. “Sebagai tambahan aja kok, ASInya tetep,” mereka berusaha bijak. “Daripada nangis terus-terusan, kasihan kan bayinya kelaparan,” propaganda mereka. Duh, mulai berasa cenut-cenut deh yaaa, kepala kita.

Sebenernya, berapa sih kebutuhan ASI bayi baru lahir hingga sebulan usianya? Berapa besar ya perutnya dalam tubuhnya yang mungil itu? Apakah ia sudah meminta banyak sejak hari pertamanya di dunia?

asi usia

Mudahnya, kita sama-sama lihat gambar ini ya, Ibu-ibu. Dari sini kita bisa lihat ukuran dan kebutuhan ASI bayi kita, yakni:

1. Usia 1 hari kebutuhannya 5-7 ml

2. Usia 3 hari kebutuhannya 22-17 ml

3. Usia 1 minggu kebutuhannya 45-60 ml

4. usia 1 bulan kebutuhannya 80-150 ml

 

Naaah, udah ketauan kan sekarang betapa mungilnya lambung anak kita? Ayo semangat lagi! Makin sering disusui inysAllah mekanisme tubuh kita akan memproduksi lebih banyak lagi ASI. Gapapa, di awal-awal dikit maaah. Gapapa, pada awalnya ASI gak ngucur maaah. Gapapa si kecil nangis dikit-dikit. Dia nangis belum tentu karena laper kok. Gapapaaaahhh. Hush, hush, usir jauh-jauh pikiran negatif. Dan, mari mulai menyusui lembut sekeras kepala mungkin! Yeaaahh…πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s