[Bermain Kaya] Sepotong Cinta Ayayah Dalam Baling-Baling Kertas

Salah satu PR besar kami setelah anak-anak mengalami kejadian buruk dengan pengasuhnya, adalah menghadirkan cinta dan MENSTIMULASI melalui aktivitas harian mereka. Tentu saja ini bukan PR ringan untuk ortu baru tanpa latar belakang psikologi/pendidikan macam kami. Ada berlembar-lembar halaman dalam buku parenting yg belum habis dibaca. Ada nasihat dan masukan belum tuntas dipahami. Ada hari2 berlalu tanpa manfaat berarti. Ada kelelahan yg menumpuk. Dan, ada mimpi buruk yg sering menghempas kami ke liang rasa bersalah itu kembali.

Di suatu hari liburnya, tiba-tiba Yayahnya Daanish-Azzam wara-wiri. Mulai dari dapur, diambilnya tusuk sate. Ke lemari penyimpanan makanan, ia ambil sedotan minuman. Terakhir, karena tampak bingung, dia tanya di mana bisa dapet kertas karton manila di rumah ini. Waktu dia bilang mau bikin baling-baling, segera saya rekomendasikan kertas di buku gambarnya anak-anak. Semua halamannya sudah penuh sapuan warna. Kami pernah mencoretnya dengan pesil warna. Pernah juga kami buat lukisan dengan menempelkan cat air di jari-jemari kami. Pendeknya, kertas itu sudah terlalu meriah dengan coretan bolpen, sapuan cat air dengan media jari, dan goresan crayon aneka warna. Begitu lengkap bahannya, segera dengan penuh semangat (baca: cinta) ia kerjakan proyek mininya.

Baling-baling sederhana ini dibuat Ayayah untuk Daanish dan Azzam yg tengah sakit. Ada sepotong cinta di sana, dan semoga ia sampai hingga relung kalbu anak-anak, menggantikan apapun hal buruk yg pernah hinggap dan menetap di jiwa mereka. Semoga.

image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s