[Bermain Kaya] Beruang Dari Kertas Kokoru

Sebenernya udah pesen kertas kokoru dari olshop langganan Halaman Moeka, punyanya Mba Retno. Cerita dikit ya, tentang olshop Halaman Moeka (HM) kesayangan ini. Saya sih demen banget deh, belanja di Halaman Moeka. Olshopnya emang fokus jualan buku bekas buat anak-anak dan buku parenting terkait, dan belakangan merambah juga ke jualan bahan prakarya/kreativitas anak dan mainan edukatif. Buku-buku anak bekas yang dijual di HM nih yang bener-bener bikin saya susah ngeren belanja. Bukunya banyak yang jarang, udah gitu banyak versi macam ensiklopedi anak gitu. Pastinya buku cerita anak lokal maupun saduran juga banyak. Tapi karena udah kebanyakan punya cuku cerita anak, saya emang tergila-gilanya sama buku model-model ensiklopedia gitu. Dan buku begituan, banyaaaak di HM. Eh, gak banyak, ding. Cuma dikit. Udah gitu rebutan pula. Makanya, buruan gih, kepoin FBnya di sini.

Saya udah lama naksir kertas kokoru, tapi ga tau belinya dimana. Makanya langsung semangat begitu ada di HM. Tapi karena saya numpuk belanjaan dulu di HM, biar ngirimnya sekalian, saya jadi lupa kalo pernah pesen kokoru. Akhir minggu lalu, ke toko buku karena mau cari kartu bergambar buat permainan kosa kata Daanish, eh, malah nemu si kokoru ini. Girang, akhirnya langsung beli aja, deh. Terpaksa batal beli yang di HM. Aneka bentuk yang dibikin pake kertas kokoru ini di gambarnya sih perasaan gampang, ya. Pas dicoba, lumayan juga. Lumayan bikin jari keriting buat pemula macam saya, maksudnya. Hihihi. Payah nih ya, otak kanan saya.😀

Buat yang pengen tau kokoru tuh kayak apa. Ini gambarnya. Dia bergelombang, mirip sama kertas kardus kalo sisinya dirobek. Gelombangnya ini yang bikin dia bertekstur dan bervolume. Makanya kreativitas yang bisa dibikin dari kokoru pun jadi bisa lebih ‘hidup’, bisa lebih tiga dimensi (3D) gitu lah.

image

Nah, percobaan pertama, saya bikin dua ekor beruang yang lagi main jungkat-jungkit. Itu tuh, kayak contoh gambar yang ada di kavernya si kokoru di foto di atas. Liat kan, ya, yang gambar sebelah kiri. Seru sih, bikin-bikinan pake kokoru itu. Tapi kan namanya bebikinan sambil ditemenin anak-anak. Pastinya mereka juga bosen kalo dicuekin kelamaan, akhirnya beruang saya dong, cuma jadi seekor. Biar cuma seekor yang penting dia udah duduk manis di atas jungkat-jungkit, sambil pegangan pula. Hihihi. Baru jadi ‘separuh’ gini aja saya udah hepi maksimal. Yah, meskipun beruang saya sempet ga dikira beruang sih ama si Mas. Masa, mentang-mentang moncongnya agak terlalu maju, terus jadi dikira babi, sih. Huhu. Teganya.
image

Yak, inilah hasil prakarya kokoru saya. Beruangnya cuma satu. Tapi seneeeng, karena sambil elus-elus sayang, berulang kali Daan bilang, “Wah, bagus yaaa. Bagus!” Ah, nak, kamu memang fans paling setianya Ibubun, yak. No matter what!

Leave a Reply

