Tuna Mayo Bread dan Bagelen Ala-ala

tuna bread

Lamanyaaa gak baking. Masak pun juaraaaang banget sekarang. Huhuhu, emak2 macam apa sayah inih.😀

Otang udah bulukan, loyang silicon pun udah digigitin tikus. Waktunya baking lagi. Tuna mayo bread fresh from the oven; yg ditongkrongin secara intens oleh duo lanang dari bentuk terigu sampe ngepul keluar oven. Mereka tuh fans abadi yah, kayaknya.

Kemarin dapet jatah istirahat, anak-anak juga gak ke daycare. Bikin roti aja ah, buat temen ngeteh. Resep Hotel Bread kebetulan lagi ga bisa diakses, jatah kuota abis. :p Print-annya juga udah ubek2, ga nemu. Akhirnya pake resep roti biasa, tapi modif dikit. Masih dari resepnya Mba Melia.🙂

Tuna Cheese Onion Bread

Bahan:

  1. Terigu protein tinggi atau sedang                     320g
  2. Gula                                                                   3 sdm
  3. Ragi                                                                    3 sdt
  4. Garam                                                                1 sdt
  5. Margarin/Butter/Shortening                                60g
  6. Telur                                                                  1 butir (M size 52 g) > saya bikin 2 butir kuning telur plus 1/2 butir putih telur
  7. Air/susu cair                                                      130 cc (HB), 150 (ulen tangan) > saya bikin 170cc dengan 7sdm susu bubuk di dalamnya
  8. Telur kocok                                                       secukupnya (untuk olesan di permukaan roti)

Isi:

  1. Process cheese/Slice cheese                             150g
  2. Bawang bombay                                                 1/2 buah (ukuran besar)
  3. Tuna                                                                    1/2 kaleng
  4. Mayones                                                             1 sdm
  5. Garam, merica                                                    sejumput/sesuai selera

Cara Membuat:

Isi:

  1. Potong dadu keju 1×1 cm dan bawang bombai (kira-kira aja)
  2. Campur potongan keju, tuna, bawang bombai, mayones, garam dan merica

Roti:

  1. Uleni adonan sampai kalis (ngga lengket di tangan dan mulus). Caranya terserah, boleh ngulenin pakai tangan boleh pakai Home Bakery.
  2. Kalau ngulenin pakai tangan: fermentasi 25 menit 40 derajat celcius, sampai mengembang 1,5 kali lipat kira-kira
  3. Bagi dua adonan, pipihkan segi empat (kira-kira 15×20 cm)
  4. Letakkan adonan isi di atas adonan roti (sisakan bagian kosong di bagian atas dan bawah adonan ketika digulung ngga berantakan dan bisa rapat ujungnya) -> liat foto
  5. Bagi adonan menjadi 6 bagian (tandain dulu aja supaya ukuran sama besar)
  6. Masukkan adonan di muffin cup atau aluminium cup
  7. Fermentasi 20 menit 40 derajat celcius (sampai adonan membesar)
  8. Olesi permukaan adonan dengan telur
  9. Panggang 190 derajat celcius 15 menit, kalau kurang coklat permukaannya tambah 2-3 menit lagi. > Pakai otang ternyata butuh waktu lebih lama, sekitar 20-25 menit dengan pergantian posisi rak tengah dan atas.
bagelen

bagelen

Sisa adonan cuma 1/2 resep, dijadiin roti tawar ndelesek gak tinggi karena loyangnya emang buat 1 resep. Begitu jadi, si roti tawar dioles margarin, tabur gula, panggang lagi. Jadilah bagelen ala ala. Fans saya? Tetep dong, nongkrongin dengan setia. Uhuy!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s