Tentang Sarapan,…


Jadi, awalnya kan gara-gara nyiapin MPASI Azzam yang harus banyak serat buah dan sayur tuh, akhirnya selalu stok agak banyak biar kalo laper pagi-pagi ataupun tengah malem, ada yang gampang tinggal kupas, cuci, kunyah. Ehehehehe. Lanjutannya, sejak anak-anak masuk Daycare dan saya cuma ada asisten yang cuci-gosok-beberes 2-3 jam pagi hari, makin purnalah sudah ritme sarapan kami.

IMG_5911 Sarapan cihuy ala kami jadinya tuh hanya potongan buah dimakan gitu aja, dan sesekali (tapi jaraaang) salad dengan aneka dressing. Kenapa salad jarang? Pertama lebih ribet dari sekadar nyiapin buah potong. Kedua, pagi hari saat perut kosong adalah saat terbaik makan makanan mentah tanpa tambahan apapun, lebih mudah dicerna, plus lebih banyak yang diserap. Tapi buat sekali-sekali, salad tetep jadi pilihan kok.

IMG_6299Buah terfavorit anak-anak adalah buah naga merah, terutama Daanish. Mungkin karena dulu waktu MPASI sering dapet kiriman buah naga kebun sendiri dari Kakek-Neneknya di Lampung yang emang rasa manis asemnya jauh lebih fresh n seger ketimbang yang beli. Kalau Azzam, kesukaannya akan buah naga bakalan kalan kalau di meja tersedia buah: PISANG! Iyes, anak saya yg no du amah ekonomis bangetsss dah. Bayangin, pisang murce durce, ada di mana-mana plus banyak jenis n macemnya itu coba yang jadi favoritnya. Ugh, jadi pingin cium pipi gembil tuh bocah kalo inget betapa berkilau-kilau matanya kalo udah liat pisang. Ya, ampun, Zaaaaam… Bubun padamu, Naaaak! ^^

IMG_5948

Dari jaman gigi belum utuh, ngunyak belum lancar, Alhamdulillah anak-anak doyan makan sayur, termasuk yang mentah. Wortel mentah, timun, daun salad, tomat. Rebusannya mulai dari buncis, brokoli, kembang kol, wortel (yang direbus :p), jagung, labu siam, bayam, kangkung, sawi, banyaaakkk… Bisa dibilang gak ada sayur yang gak mau dimakan sama mereka. Kalo yang makannya gak banyak sih ada. Tapi kalo sampe dilepeh-lepeh, kayaknya belum ada, deh. Tapi emang siy, makan sayur ga kaya makan buah yang bisa berbakul-bakul (ahahaha, lebay!). Kudu ada senjata pendukung supaya mau makan sebanyak n seasyik makan buah. Senjata paling ampuhnya tuh mayones, tapi yang punya Jepang, Kewpie (baca: kyuu-pii) mereknya. Kalo udah ada Kewpie, emaknya yang kewalahan kudu bolak-balik nyiapin sayurannya, tambah, tambaaaah terus.

IMG_5949Lucunya, anak-anak yang sekarang mulai saya renggangkan cemilannya, malah gak gitu “pinter” makan permen, keras katanya. Makan ciki-cikian juga gitu, ga bisa makan banyak, ambil beberapa suap, cikinya belum abis udah berhenti. Kesukaannya paling biskuit Oreo, Nyamnyam, sama jelly. Oh, sekarang lagi agak maniak sama susu cair. 1 L kalo gak dibatesin bisa habis dalam sehari buat berdua. Jadi, sekarang Bubunnya yang jadi wasit supaya asupan susunya bisa agak dibatesin.

Selain karena semua enjoy, kami juga merasakan manfaat dari sarapan buah dan sayur ini. Salah satunya, rutinitas pengeluaran ampas makanan lebih lancar, badan terasa lebih ringan sehat, dan kulit lebih segar, tambahan satu lagi, kata suami, lingkar perutnya mengecil, loh. Alamdulillah wa syukurillah. Kebaikannya semoga jadi bonusnya aja. Kami bukan penganut FC sejati, sih. Tapi insya Allah percaya kalau buah dan sayuran memang lebih sempurnya diolah, dicerna, dan diserap dalam keadaan lambung kosong.

Ini dia cerita dari rutinitas sarapan sederhana kami, simpel gak berarti kekurangan nutrisi, kan. 🙂

Tekwan


Nah, kalau ini udah lamaaa banget diniatin pengen bikin, tapi gak jadi-jadi juga. Itu tenggiri sampe udah bermetamorfosis jadi siomay segala. Hihihihi.

20130624-115547.jpg

Sayangnya, pas pengen bikin, pelengkap yang standby di rumah cuma jamur kuping. Bengkuang, bunga sedap malam, daun seledri, daun bawang, dan bawang gorengnya gak ada. Mau ngulek sambel cabe ijonya aja badan udah kecapean banget. Maklum, bumil gede booo. Bawannya berat semua. Mana ini hari pas bikin, Yayahnya Daanish kerja, asisten ijin pulang kampung. Jadilah saya single fighter, masak sambil digelendotin Daanish, sambil sesekali ngajak dia main, cebok pas poop *ups :D*, maupun gonta-ganti baju dan clodi. Ah, serulah pokoknya!

Yang bikin seneng, Yayah dan Daanish tetep semangat makan, meskipun kurang ini dan itu. Apalagi si Daanish, duh, sampe semangat makan sendiri tuh semangkuk tekwannya. Terima kasih untuk selalu menganggap masakan Ibubun enak yah, Yayah dan Daanish. Kalian itu, paling pinter deh bikin capek masak Bubun ilang. ^^

Resep:
Oleh: Fatmah Bahalwan

Bahan Kaldu :
– 1.5 lt air
– 250 gr udah segar, kupas bersih, pisahkan kepala & kulit
– 2 st kaldu bubuk
– 2 sdm ebi cincang kasar

Bahan Tekwan :20130624-121042.jpg – 250 gr daging ikan tenggiri
– 50 ml putih telur
– 100 ml air
– 1 sdt lada bubuk
– 2 sdt garam
– 250 gr tepung sagu
– 1 lt air
– 5 sdm minyak sayur
– 6 bawang putih cincang halus
– 10 jamur kuping, rendam, potong kasar
– 50 gr bunga sedap malam, rendam, ikat-ikat
– 1 bh bangkuang, potong seperti korek api
– 2 bh daun bawang, iris halus

Bahan Pelengkap :
– Bawang putih goreng
– Seledri iris kasar
– Sambel cabe rawit

Cara membuat :
1. Kaldu : masak air hingga mendidih, masukkan kepala dan kulit udang, kaldu bubuk dan ebi cincang. Biarkan mendidih sekali algi. Angkat, saring. Buang ampasnya.
2. Tekwan : haluskan daging ikan tenggiri, dan udang kupas, campur dengan putih telur, air, lada halus, dan garam. Masukan irisan daun bawang. Aduk rata. Tambahkan tepung sagu, lalu uleni. 3. Masak air hingga mendidih, cemplungkan bulatan tekwan dengan sendok, masak hingga terapung. Angkat. Tiriskan.
4. Campur air perebus tekwan dengan kaldu udang.
5. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan kedalam kaldu, masukkan pula jamur kuping, bunga sedap malam, bangkuang dan tekwan. Didihkan sekali lagi. Taburi daun seledri dan bawang putih goreng. Sajikan

Healthier Oven Roasted Potatoes


Pas banget, baru hari Minggu lalu beli tanaman Rosemary di Pameran Flora&Fauna Indonesia di Lapangan Banteng. Belinya sih dua pot. Memang rencana pengen punya apotek hidup dan kebun rempah-rempah gitu di pekarangan. Secara si Rosemary saya jarang nemu dijual di tukang bunga gitu, akhirnya beli di pameran itu. Ternyata, hari ini Rosemarynya langsung kepake deh di resep ini. ^^

Resep saya contek dari sini, dengan berbagai penyesuaian, supaya lebih cocok di lidahnya orang pribumi. Hihihi. Abis udah saya kurangi takaran dedaunan herbsnya aja, masih terasa too spicy, apalagi kalo gak pake modifikasi kaaan. 😉

20130619-164017.jpg

Resep:

[Resep]

Bahan:
1 sdm olive oil
1 sdm bawang putih, cincang > saya pakai 3 siung
1 sdm basil segar, rajang > saya pakai 1/2 sdm basil kering
1 sdm rosemary segar, rajang > saya pakai 1 sdt
1 sdm parsley segar, rajang > saya ganti dengan 1/2 sdm mix herbs kering
1/2 sdt merica halus > saya pakai merica hitam yang baru dihaluskan dengan pepper mill
1/2 sdt garam > skip untuk bayi <1y
4 buah kentang ukuran besar, kupas dan potong dadu > saya pakai 5 buah kentang ukuran sedang

Cara:
1. Panaskan oven hingga 245 dercel. > Saya cuma panaskan hingga 180 dercel.
2. Campur semua bahan kecuali kentang dalam mangkuk besar. Masukkan potongan kentang dan campur hingga rata. Letakkan kentang di loyang datar, ratakan. Panggang dalam oven selama 20-30 menit sambil sesekali dibalik agar kuningnya merata. > Males bolak-balik kentang, saya panggang di rak bawah 15 menit, rak atas 15 menit.

20130619-164141.jpg

[Makanan Utama] Salad Battleship Roll Sushi -サラダ軍艦寿司


(Resep asli ada di bagian bawah.)

Bahan:
1 mangkuk kecil Kerang, gurita, ham, atau jagung
1 kemasan kani kama (daging kepiting yang sudah diproses)
1 buah kyuri (timun jepang)
1/2 buah bawang bombay
Nori secukupnya

Saus mayones:
5 sdm mayones merk Kewpie
1 sdm plain yoghurt
1,5 sdt madu/gula
0,5 sdt vinegar
0,5 sdt garam
0,5 sdt shouyu (kecap asin jepang, merk Kikkoman)

Nasi sushi (modifikasi):
3-4 centong nasi
1 sdm sushi vinegar
0,5 sdt garam
0,5 sdm gula

Cara membuat:
1. Potong kyuri tipis dan memanjang, potong dadu kecil bawang bombay. Remas dengan 0,5 sdt garam (di luar resep), diamkan.
2. Peras dan tiriskan no. 1 hingga tidak ada sisa air, masukkan kerang/gurita/jagung yang sudah dipotong kecil, atau dipipil untuk jagung.
3. Potong dan suwir-suwir kani kama, peras dan buang airnya, lalu gabungkan dengan no. 1 dan 2.
4. Campurkan semua bahan saus mayones. Campurkan dengan semua bahan di atas.
5. (Modifikasi) Dinginkan nasi, campur semua bahan nasi sushi, aduk hingga rata.
6. Kepal nasi sebesar sushi, gulung dengan nori hingga seputar nasi tertutup, sisakan sedikit ketinggian nori di atas nasi. Letakkan “gu” atau topping bersaus mayones yang sudah disiapkan di atas nasi, lebih tinggi/sedikit mencuat di atas gulungan nori.

Resep asli:
材料
バカ貝(たこやコーン、ハムでも) 小茶碗山盛位
カニかま 1パック
キュウリ 1本
玉ねぎ 1/2個
■ マヨソース
マヨネーズ 大さじ5
ヨーグルト(プレーン無糖) 小さじ1
蜂蜜(砂糖) 小さじ1.5
酢 小さじ1/2
塩(味を見て) 小さじ1/2弱
醤油 小さじ1/2
酢飯(白米でも) 1~1.5合程度
海苔 いる分

作り方
1. 輪切りから千切りにしたキュウリ、みじん切りにして水にさらした玉ねぎに塩小さじ1(分量外)をもみこみ、しばらく置く
2. 今回は潮干狩りでとれたバカ貝(下処理しよく絞る)も入れる。
下処理方法は下記コツ参照
他の具材でも勿論美味
3. カニかまを細かく裂き、充分に水分が出て、よく絞った1、2と和える
4. マヨソースを予め混ぜておき1~3と和える
5. 酢飯(面倒なら普通の白米でも)を適当なサイズに握り、のりを少しはみ出る程度に巻き、巻き終わりは米粒等で留め、具を乗せる

Sumber:
http://cookpad.com/recipe/1802432

20130310-100212.jpg

Nugget Tuna (Kukus)


Kesel karena salmon buat Daanish terpaksa dibuang karena kurang segar, saya jadi harus buru-buru eksekusi tuna yang udah stand by di kulkas. Tuna, lele, dan salmon adalah 3 ikan yang Daanish cocok; lolos tes tanpa indikasi intoleransi makanan. Cuma, si salmon yang terbuang itu, sudah dua hari diturunkan dari freezer ke chiller. Saya sih yang salah, karena gak buru-buru mengolahnya. Bau dan rasa sebenarnya belum berubah. Tapi, sekali makan saja sudah membuat leher, dada, punggung, dan kening Daanish dipenuhi bintik kemerahan. Walah, pertanda ada yang kurang beres. Dugaan saya sih kontaminasi bakteri selama du hari itu. Kan, makanan mentah beku yang dicairkan sangat rentan kontaminasi. Dan bayi, dengan segala keterbatasan imunitasnya pasti akan langsung merespon negatif kontaminsi ini, seberapa pun kecil kadarnya.

image

Okeh, ini dia resep dengan daging merah ikan tuna yang tampaknya lezat itu.

Bahan:
100 gr fillet tuna
1/3 bagian oyong, buang bagian tajam, potong, kukus
1/3 bagian wortel, kupas, potong, kukus
2 sdm havermut
1 sdm tepung sagu aren
1 sdm tepung terigu
1 siung bawang merah
1siung bawang putih
Sedikit lada putih bubuk

Cara:
– hancurkan tuna, oyong, wortel, dan bawang dengan blender
– masukkan havermut, sagu, dan terigu, lalu tambahkan lada. aduk hingga rata.
– tuang dalam loyang, kukus dengan api sedang selama 20 menit.
– jika ingin digoreng, potong-potong nugget setelah dingin, celup ke dalam telur, gulingkan di atas terigu, celup kembali ke telur, lalu gulingkan di atas tepung roti. goreng hingga kecoklatan.

Tempe Sayur Bumbu Acar Kuning


Terinspirasi masakan neneknya Daanish, alias ibu saya. Dulu suka bikin sayur yang isinya wortel dan mentimun yang dipotong korek api, lalu dibumbui campuran bawang, kemiri, dan kunyit. Ibu saya sih bilangnya, itu bumbu acar kuning. Kali ini coba bikin buat Daanish, masih tanpa gulgar tentunya. Dan, isinya pun saya bikin lebih banyak variannya. Biasalah, buat MPASI, prinsip saya bukan volume yang utama, tapi jenis. Jadi, makin banyak jenis zat makanan yang masuk dalam seporsi makan Daanish, makin baik. Supaya nutrisi makin kaya, supaya elemen-elemen di dalamnya kian bisa saling melengkapi.

image

Bahan:
1/3 bagian timun jepang/kyuuri, kupas sedikit, potong dadu kecil-kecil
1/3 bagian wortel, kupas hingga bersih, potong dadu kecil-kecil
4 lembar daun sawi hijau, potong kecil-kecil
1/8 bagian tempe blok, potong kecil-kecil
1 siung bawang putih
1 siung bawang merah
Sedikit kunyit segar, kupas
2 butir kemiri utuh
1 lembar daun salam
Minyak nabati untuk menumis

Cara:
– tumbuk bawang, kunyit dan kemiri hingga halus, lalu tumis bersama dengan daun salam.
– masukkan wortel. setelah setengah matang, masukkan sawi. setelah sawi setengah matang, masukkan timun jepang dan tempe. aduk hingga matang. sajikan.

Japanese Tofu Hamburg (Tofu Hambagu)


Tofu Hamburg – Tofu Hambagu

INGREDIENTS

280g cotton tofu (1 x standard block)
drained 300g minced beef
½ onion
1 tsp butter
1 tbsp vegetable or sunflower oil

A:
1 egg yolk
15g breadcrumbs or panko
some salt and pepper

B:
120ml ketchup
2 tbsp Worcestershire sauce
some soy sauce

METHODS/STEPS

1. Wrap the drained tofu in a tea towel to remove excess water.
2. Fry the chopped onion in butter and then remove it from the pan and allow to cool.
3. Place the tofu, onion, minced meat and A in a bowl and mix thoroughly. It will become quite sticky.
4. Divide the mixture into 4 and shape them into flattened ovals. Make a shallow hollow in the centre of each.
5. Fry the hamburgers on a medium heat with vegetable oil, turn when browned on one side, put a lid on and continue frying. When clear juice emerges on the surface of the hamburgers, they are cooked.
6. Discard the oil from the pan and add B to make the sauce. Bring it to the boil.
7. Serve the hamburgers on plates and pour the sauce over.

Source:
http://www.recipes.eat-japan.com/recipes/viewrecipe/210

image

Notes:
– I have made some editing due to lack of reader friendly aspect on the original writing. For instance, writer writes A and B, without giving readers any clue in regards to that sentence. Thus, I rewrite the recipe based on my intuition on what the writer is going to refer. And, I omit the word “pork”, as stated on the original recipe.
– Also, I don’t make the sauce and add no salt at all, as Daanish is still under 1 year old.
– However, I add leeks on my hamburg to enrich the nutrition for my son. Now, enjoy making this healthy but simple recipe, Mommies! ^^