Puding Pisang Hunkwee (2)


Udah lama banget gak bikinin Daanish puding sederhana ini. Dulu cuma pernah 2x bikin dan setelah itu gak pernah bikin lagi. Dasar emak nekad, yang kali ini bikin gak ngikutin resep yang dulu. Soalnya menyesuaikan stok bahan, dan maunya bikin sedikit aja, biar gak mubazir.

image

Bahan:
1 buah pisang sunpride
1 sdm tepung aren hunkwee
1,5 gelas air matang

Cara:
– lumatkan pisang dengan potato masher
– larutkan hukwee dengan 1/2 gelas air
– didihkan sisa air, masukkan pisang lumat, aduk
– kecilkan api, masukkan larutan hunkwee sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. jaga agar tidak terjadi gumpalan.
– taruh dalam cetakan/silicon cup dan dinginkan dalam chiller

[MPASI] Serba Kukus: Sehat, Mudah, Murah!


Hai, lagi-lagi postingan kecil. Ini mah langganan makanannya si Daanish kalo emaknya lagi kelabakan n banyak kerjaan kantor. Aneka sayur dipotong, dicuci, dikukus. Jadi, deh! Hahaha, superrr gampang kaaan.

Ceritanya mau keluar seharian. Daanish mau kami pertemukan dengan temen-temen baik kami dari berbagai negara. Ada temen S1 Yayah dan Bubun dari Thailand di arena ASC di JCC. Pulangnya kita mau ketemuan ama temennya Bubun di Nagoya dulu, deh, yang orang Jepang. Kitanya mah bisa makan di mana aja. Tapi Daanish gimana? Bawain jajanan aja ah, dari rumah. Tapiii.. Ibubun cuma punya waktu singkat, soalnya Yayah ga mau keluar rumah naik motor siang-siang. Panas, katanya. Ya udah deh, bikin yang gampang-gampang aja, deh. Yang penting makan siang dan cemilannya si Daanish selamat dulu. *Halah, excuse emak males. 😀

Isinya apa aja, sih? Here we go.

1. Boiled red spinach and corn

Bikinnya persis bikin sayur bening orang dewasa. Bedanya, gak pake gulgar dan kuahnya dibikin sampai kering. Soalnya, Daanish sukanya yang kering-kering.

Bahan:

Bayam merah

Jagung rebus

Bawang merah, iris

Temu kunci

Daun salam

Cara:

Cemplungin deh semua bahan. Masah sampai airnya habis. Hehe.

 

2. Scrambled tuna

Bahan:

Tuna, kukus, suwir

EVOO

Cara:

Campur suwiran tuna dan EVOO tanpa dimasak. (EVOO akan berubah menjadi mengandung lemak jahat jika terkena pemanasan).

 

3. Havermout with sea-weed and sesame oil

Bahan:

Quick Cooking Oats, masak hingga air habis

Rumput laut kering, rebus, potong kecil-kecil

Minyak wijen

Cara:

Campurkan semua bahan, masak dengan api kecil sebentar saja.

 

4. Steamed vegetable: carrot, squash, sweet potato

Jadi, dehhh! ^^

Perlengkapan MPASI (2)


Pas liat isi dapur di pojok khusus alat-alat buat bikin MPASI, saya baru nyadar kalo masih banyak peralatan yang belum saya tulis di sini. Meskipun sebagian peralatan, gak khusus buat MPASI aja sih, tapi dipake harian buat masakan keluarga juga. Soalnya ada keterbatasan jumlah dan budget dan selain itu, usia Daanish yang udah 8 bulan rasanya udah mulai kuat deh saluran pencernaannya. Meskipun, ga berarti lantas alat-alat ini kotor dan sembarangan dipakenya juga.

/>
20120930-230837.jpg

Kecuali cetakan aluminium, semua alat di atas saya beli di One-coin-shop waktu di Jepang dulu. Gak cuma di Daiso, ada juga produk Seria. Dalam foto di atas ada aneka cookie cutter, loyang aluminium kecil, kitchen timer, capitan, tirisan/alat pembuang buih, dan penghancur kentang. Sorry, maknya Daanish emang doyan yang ijo-ijo. Jadi, jangan salahin kalo aneka alat MPASInya dominan hijau. Hehe.

20121025-002623.jpg

Nah, kalo yang ini, isinya ada parutan keju jenis lurus dan melengkung, hasil parutannya sih sama aja. Ada saringan kawat, pengocok telur, dan sumpit panjang dengan ujung silikon. Sumpit ini favorit kalo lagi bikin sup telur. Soalnya buat jatuhin si telur ke dalam panci supaya teksturnya jadi mirip sarang burung gitu. Sama buat aduk n tumis kalo pake marble pan, termasuk si T-Fal itu. Supaya gak gores lapisan anti lengketnya. Kan sayang bo’. Hehe.

[Updated] [MPASI 6 Bulan] Bubur Hijau Kuning


Yang ini “kolak” yang gak pake santan. Jadi, bayi dari umur 6 bulan juga bisa lho. Perhatikan tekstur dan kekentalan sesuai kemampuan bayi aja yah.

Bahan:
-kacang hijau, rendam semalaman, rebus dengan daun pandan sampai pecah kulit
-ubi kuning/labu parang, kukus, potong dadu
-ASIP

Cara:20121017-003653.jpg
Hihihi. Tinggal taruh di mangkuk terus campur semua. Gampang kaaan. Saya sih saranin disajikan hangat. Artinya, ASIP dihangatkan dulu, baru disiram ke mangkuk. Terutama kalau ASIPnya dari yang beku. Kenapa? Soalnya ASIP beku yang mencair cenderung berbau&berasa “khas”; pengaruh enzim dan mineral di dalamnya yang “terganggu” saat proses pembekuan maupun pencairan.

Don’t worry, meskipun demikian, ASIP kita tetep bagus kok, lebih bagus dari sufor malah. Cuma kan proses penyimpanan pasti akan selalu menurunkan kualitas dari asalnya. Plus, bau dan rasa khas ASIP dingin kadang kala kurang disukai bayi. Solusinya, hangatkan dulu si ASIP. Otherwise, gunakan ASIP segar yang sudah didinginkan di chiller, kalau tetap ingin menyajikan hangat.

 

[MPASI 8 Bulan] Apel Remah Oat


(Resep asli: Apel Kukus dari Milis MPASI Rumahan, dengan modifikasi)

Bahan:
1 buah apel
1/2 buah pir atau 1 buah pisang ambon
2 sdm terigu
1 sdm havermut
1 sdm EVOO
2 cm ruas kayu manis
ASIP/jus apel/puding apel lembut untuk mencairkan

Cara:
– Kupas apel, buang tengahnya, potong dadu
– Lakukan hal serupa pada pir; pisang ambon cukup diiris tipis saja
– Campur terigu, havermut, dan EVOO hingga rata dan membentuk remah
– Susun di loyang apel, pir/pisang ambon, kayu manis, dan tutup dengan remahan terigu-havermut
– Kukus selama 10 menit, lalu panggang dengan api sedang selama 10 menit
– Sajikan dengan terlebih dulu melumat kasar apel dan remahnya dengan ujung sendok, lalu tambahkan ASIP/jus apel/puding apel lembek

20121012-091430.jpg

[MPASI 6 Bulan] [MPASI 7 Bulan] Solid Foods (3)


MPASI kayak gini udah dikonsumsi Daanish dari umur 7 bulan. Ibubun udah gak pernah lagi ngebubur sejak GTM di akhir umur 6 bulan yang bikin dia pengennya makan makanan padet gini. Kebetulan aja yang di gambar ini dikasih ke Daanish pas umurnya 8 bulan. Pada dasarnya, menurut saya ini udah bisa dikonsumsi dari usia 7 bulan.

Here are solid foods for Daanish’ complementary intake (10-09-12, breakfast): ‘timun suri’, avocado (expensive but not good one >.<), mango, steamed bean, steamed carrot.